Peringati HPSN, Aktivis Lingkungan Apresiasi Pemerintah Kota Pematangsiantar

Salingnews.com – Pematangsiantar. Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) pada tanggal 21 Februari 2019, Pemerintah Kota Pematangsiantar menggelar beberapa kegiatan dengan melibatkan masyarakat yang tinggal di daerah Tempat Pembuangan Akhir (TPA), Tanjung Pinggir, Kelurahan Pondok Sayur, Kecamatan Siantar Martoba.

IMG-20190228-WA0007

Dedy Wibowo Damanik Sekretaris Sahabat Lingkungan (SaLing)

Tidak hanya masyarakat disekitaran TPA, Pemerintah Kota Pematangsiantar melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan mengajak tiap-tiap Kecamatan untuk turut serta berkontribusi dalam kegiatan memperingati HPSN tersebut. Kamis (28/02/19).

Tampak juga beberapa Siswa – Siswi sekolah tingkat Menengah Pertama (SMP) dan Menengah Atas (SMA) turut serta meramaikan dan bertanding dalam hal pengelolaan sampah kategori organik dan anorganik.

Walikota Pematangsiantar Hefriansyah Noor yang hadir pada acara tersebut, mengatakan sangat berterimakasih kepada seluruh Masyarakat yang ikut membantu dari kinerja Pemerintah dalam hal menjaga kebersihan lingkungan dari sampah. Mengingat sampah adalah permasalahan yang terbesar didunia yang dimana dapat menyebabkan kerusakan lingkungan, banjir, dan lain – lain.

“Kalian Ibu/Bapak masyarakat yang tinggal disekitaran TPA ini sudah saya anggap sebagai Pahlawan, bukan hanya guru saja dikatakan sebagai Pahlawan, namun kalian juga adalah Pahlawan yang menjaga lingkungan ini agar tetap bersih”, ucap Hefriansyah dalam kata sambutannya.

Sementara itu, seorang pegiat/aktivis lingkungan yang juga hadir pada acara Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tersebut, Dedi Wibowo Damanik Sekretaris Sahabat Lingkungan (SaLing) mengungkapkan apresiatifnya terhadap Pemerintah Kota Pematangsiantar telah melaksanakan program pusat menjadi sebuah agenda untuk menyadarkan masyarakat, betapa pentingnya untuk meminimalisir penggunaan sampah ataupun pembuangan sampah sembarangan.

Selain meminimalisir penggunaan sampah ataupun pembuangan sampah sembarangan, masyarakat juga diberikan kesempatan dalam hal memanfaatkan kegunaan sampah menjadi sebuah nilai yang tinggi.

“Ucapan terimakasih dan apresiasi besar kepada Pemerintah Kota Pematangsiantar melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang dipimpin oleh Jekson Gultom dalam hal ini masih peduli terhadap agenda-agenda ataupun kalender lingkungan hidup. Semoga semangat Pemerintah Kota Pematangsiantar tidak hanya pada memperingati agenda ataupun kalender lingkungan hidup. Mari bersama menjaga dan melestarikan lingkungan dengan mengajak masyarakat serta organisasi-organisasi yang bergerak dibidang lingkungan hidup. Kita sangat welcome dan mendukung program Pemerintah Pusat ataupun Daerah untuk kepentingan umat manusia yang tinggal di Bumi Ibu Pertiwi”, ucapnya. (Tim/AS)

Share

Baca Juga