Cara Terbaik Lawan Perubahan Iklim: Tanam 1 Triliun Pohon

Salingnews.com – Sebuah riset terbaru mengungkap cara paling efektif melawan pemanasan global. Menurut studi itu, caranya terbilang cukup “mudah”. Kita cukup menanam 1 triliun pohon di muka Bumi ini.

vt1oru2nrijtewo4d7pp

Ilustrasi menanam. Foto: Shutter Stock

Penelitian ini dilakukan para ilmuwan di Swiss. Hasil detailnya telah dipublikasikan di jurnal Science pada 4 Juli 2019.

Riset ini menghitung manfaat positif penanaman satu triliun pohon bagi Bumi. Dalam beberapa dekade ke depan, 1 triliun pohon baru bisa menyedot sekitar 830 miliar ton karbon dioksida di atmosfer. Jumlah itu, sama dengan jumlah polusi karbon dari manusia selama 25 tahun terakhir.

Menurut riset, perlu lahan seluas 9 juta kilometer persegi untuk pohon-pohon baru ini. Untungnya, kita memiliki lahan yang cukup untuk pohon-pohon itu. Jika ditanam dalam satu tempat, maka pohon-pohon ini akan menjadi hutan seluas Amerika Serikat. 

Ilustrasi hutan. Foto: Pixabay
Periset mengatakan, ada enam negara yang bisa menjadi tempat penanaman 1 triliun pohon baru ini. Enam negara yang dimaksud itu adalah Rusia, AS, Kanada, Australia, Brasil, dan China.

“Sejauh ini, ini adalah solusi perubahan iklim yang seribu kali lebih murah,” ujar salah satu peneliti dalam riset, Thomas Crowther, seperti dilansir Associated Press.

Crowther berpendapat, bahwa penanaman lebih efektif dibanding solusi lainnya. Sebab, pohon bisa banyak menyerap karbon dioksida dari udara.

“Kita mengetahui bahwa memperbaiki hutan memiliki peran besar dalam menghadapi perubahan iklim,” kata Crowther, seperti dikutip Live Science. “Tapi, kita tidak memiliki pemahaman ilmiah atas bagaimana manfaatnya.”

Ilustrasi perubahan iklim. Foto: Pixabay

Dalam risetnya, tim peneliti menggunakan Google Earth untuk mencari lokasi yang bisa ditanami pohon. Mereka mengombinasikannya dengan data dari sekitar 80 ribu hutan di seluruh dunia.

Pemimpin riset, Jean-Francois Bastin, mengestimasi ada tempat bagi setidaknya 1 triliun sampai 1,5 triliun pohon. Sementara itu, menurut riset Crowther sebelumnya, di Bumi ini telah ada sekitar 3 triliun pohon.

Sayangnya, meski pohon-pohon itu telah ditanam semua, namun efeknya tidak akan langsung kita rasakan.

“Perlu waktu beberapa dekade bagi hutan baru ini untuk menjadi matang dan mencapai potensinya,” kata Crowther.

“Karenanya, sangat penting bagi kita untuk melindungi hutan yang telah ada sekarang, mencari solusi lain bagi masalah ini, dan terus mengurangi penggunaan bahan bakar fosil dalam ekonomi kita untuk menghindari perubahan iklim yang berbahaya ini.” (Red)

Sumber : kumparan.com

 

Share

Baca Juga