Ciptakan Kader Militan, SaLing Mengukuhkan Anggota Baru Angkatan Ke-XI

SaLingnews.com – Simalungun. Guna menciptakan kader-kader  militan dalam hal pelestarian lingkungan, Organisasi Sahabat Lingkungan (SaLing) mengadakan kegiataan pendidikan untuk calon-calon anggota baru. Kegiatan ini diberi nama Masa Perkenalan (Masper). Bertempat  di lokasi Nagori Sihalpe, Kecamatan Haranggaol Horison, Kabupaten Simalungun, selama Tiga hari berturut-turut, Jumat-Minggu  Tanggal 09- 11 November 2018.

Puluhan  calon anggota  yang berasal dari Mahasiswa/i Universitas Simalungun dan Universitas Nomensen Pematangsiantar tampak antusias mengikuti kegiatan, yang merupakan Masper ke-XI organisasi SaLing tersebut. Minggu. (11/11/18) Pukul 14 : 00 WIB.

foto bersama usai pengukuhan anggota baru saling angkatan XI

Foto Bersama, Usai pelaksanaan Masper Angkatan XI  dan dikukuhkan menjadi Anggota Sahabat Lingukungan.

Rangkaian kegiatan  diawali dengan perkenalan  antara calon anggota  dan pengurus SaLing. Selanjutnya diisi  dengan pemberian materi  antara lain tentang Organisasi, Anggaran Dasar dan Angaran Rumah Tangga SaLing, Lingkungan Hidup dan Manajemen Aksi. Acara juga dirangkai dengan games hingga pembinaan mental.

Ketua Panitia , Weslitu Jefri Giawa  menjelaskan,  bahwa tujuan dari pada kegiatan itu yakni untuk menciptakan kader-kader baru yang memiliki jiwa kepedulian terhadap pelestarian lingkungan.

Lanjutnya, selain pemahaman tentang lingkungan, peserta Masper juga di boboti dengan pemahaman tentang tupoksinya sebagai  mahasiswa.

“Selain berbicara tentang lingkungan, kita juga memboboti peserta dengan fungsi dari pada Tri Darma perguruan tinggi yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian, karena memang secara kebetulan mereka yang menjadi peserta adalah orang yang masih berstatus  mahasiswa, “ujarnya.

Dijelaskannya, peran mahasiswa sangat penting dalam hal pelestarian lingkungan. Karena selain fungsinya sebagai control sosial, mahasiswa juga berperan sebagai control struktur  dan dapat dijadikan sebagai garda terdepan dalam hal kampanye lingkungan.

Selain pemberian materi kepada peserta Masper,  panitia juga mengadakan kegiatan simulasi aksi unjuk rasa (unras). Namun sebelum mengadakan unras, peserta Masper diberikan contoh studi kasus yang selanjutnya jadi bahan peserta melakukan aksi.

Hal senada juga disampaikan oleh sekretatris Panitia Masper Angkatan XI, Reza Fahlevi Lubis, menyampaikan bahwa sebelumnya Peserta Masper Angkatan XI, yang mendaftar sebanyak 31 Orang Namun yang siap dan bersedia mengikuti Latihan Pendidikan Masper Saling Angkatan XI tersebut hanya 20 Orang, yakni 15 Orang  Laki – Laki dan 5 Orang Perempuan

Di akhir kegiatan pada Minggu (11/11/18) sore, seluruh calon anggota baru Sahabat Lingkungan atau  peserta Masper, dikukuhkan menjadi anggota Sahabat Lingkungan angkatan ke-XI. Upacara pengukuhan ini dirangkai dengan acara penutupan kegiatan. (AS/Red)

Share

Baca Juga