DLH Kota Pematangsiantar Peringati Hari Peduli Sampah Nasional

Salingnews.com – Pemtangsiantar. Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Pemerintah Kota Pematangsiantar melalui  Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mensukseskan perayaan HPSN tahun 2019 di kawasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tanjung Pinggir, Kecamatan Siantar Martoba pada kamis (28/02/19).

IMG-20190228-WA0005

Foto Bersama Usai Rangkaian Acara Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN).

Tema yang diusung untuk perayaan HPSN ini ada adalah “Kelola Sampah Untuk Hidup Bersih, Sehat dan Bernilai”.

Mengambil lokasi di TPA Tanjung Pinggir, peringatan HPSN ini diisi dengan melaksanakan gotong royong kebersihan di sepanjang Jalan Tuan Rondahaim, Sosialisasi pengelolaan sampah, Lomba daur ulang sampah menjadi barang kreatif.

Turut hadir dalam kegiatan ini Walikota Pematangsiantar, Hefriansyah Noor dan Kapolres Pematangsiantar, AKBP Heribertus Ompusunggu.

Hefriansyah Noor dalam sambutannya mengungkapkan bahwa perlu dilakukan gerakan perubahan untuk Kota Pematangsiantar yang bersih dengan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat, serta peran aktif dalam pengelolaan sampah.

“Seperti kita ketahui bersama, setiap hari kita menghasilkan sampah yang sesungguhnya tidak perlu sampai ke TPA, misalnya sampah organik dari sisa makanan dapat kita olah sendiri di rumah menjadi kompos yang bisa kita gunakan sebagai pupuk,” ungkap Hefriansyah.

Dirinya pun menyampaikan bahwa maksud dan tujuan peringatan HPSN tahun 2019 adalah :

1. Membangun kesadaran bersama untuk membudayakan hidup bersih dan sehat dengan pengelolaan sampah.

2. Mendorong budaya bersih dan produktif ditengah masyarakat dengan dinamika dan partisipasi masyarakat sebagai modal sosial.

3. Meningkatkan peran aktif Pemerintah serta masyarakat luas dalam pengelolaan sampah.

4. Sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang permasalahan sampah dan solusi untuk mengatasi mulai dari sumbernya.

5. Membangun sinergi antara Pemerintah, masyarakat dan dunia usaha dalam pengelolaan sampah.

Selanjutnya, diakhir kegiatan Walikota Pematangsiantar bersama dengan Kapolres Pematangsiantar menyerahkan tali asih berupa beras dan sepatu boot kepada sejumlah masyarakat yang berada di sekitaran TPA Tanjung Pinggir. (Tan/AS)

Share

Baca Juga