Dugaan Penyalahgunaan Wewenang Jabatan, HMI Laporkan Camat Gunung Malela

Salingnews.com – Pematangsiantar | Demi terwujudnya demokrasi yang baik, pilkada serentak yang diikuti oleh 270 daerah di Indonesia haruslah melibatkan pengawasan dari elemen masyarakat. Yang dimana tujuannya agar pesta demokrasi yang bersifat langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil dapat melahirkan seorang Good Goverment.

IMG-20201016-WA0023Ket Foto : HMI Cabang Pematangsiantar-Simalungun Laporkan Dugaan Penyalahgunaan Wewenang Oleh Salah Satu Camat di Kabupaten Simalungun/dd

Sistem pengawasan pemilu kali ini datang dari Kabupaten Simalungun, hal ini dilakukan oleh Pj Ketua Umum HMI Cabang Pematangsiantar- Simalungun yakni Jhoni Tarigan.

Jhoni Tarigan melaporkan salah satu Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Simalungun kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Simalungun, Jumat (16/10).

Melalui keterangan pers yang disampaikan oleh Jhoni Tarigan, pelaporan ini didasari oleh dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh Camat Gunung Malela yaitu Andi S Pasaribu yang pada saat sedang melakukan kegiatan sosialisasi BlT dan sosialisasi protokol kesehatan. Ia diduga melakukan pengarahan mendukung salah satu paslon nomor urut 4 yakni H Anton Achmad Saragih dan Rospita Sitorus.

Jhoni Tarigan yang didampingi oleh Sekretaris Umum, Wahyu Permadi menyayangkan hal ini terjadi karena tindakan tersebut diduga melanggar Peraturan Pemilu dan Peraturan PNS/ASN. Lebih tepatnya diatur dalam Peraturan Pemilu RI No. 6 Tahun 2016 dan PP No 55 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS/ASN.

Sebelum mengakhiri keterangannya, Ketua Umum HMI Cabang Pematangsiantar – Simalungun itu mengingatkan agar pihak terkait memanggil oknum dan menindak laporan sesuai proses hukum yang berlaku.

“Demi lahirnya demokrasi yang terpimpin. Selayaknya pihak terkait menindaklanjuti laporan kami agar tidak muncul stigma negatif ke depannya,” ujar Jhoni Tarigan.

Kami meminta kepada seluruh Kepala Desa (Pangulu) agar menjunjung tinggi netralitas dan independensi, karena seluruh pengurus HMI Siantar-Simalungun akan mengawal jalannya pilkada di Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun,” tutup Jhoni Tarigan. (Tim/Red)

Share