Fakultas Pertanian  USI Menggelar “Talk Show Dan Pelatihan Pangan Sehat”

Salingnews.com – Pematangsiantar. Fakultas Pertanian Universitas Simalungun (USI) menyelenggarakan “Talk Show dan Pelatihan Pangan Sehat” yang  bekerjasama dengan Duta Petani Muda Siantar Sehat (SISE) dan Koalisi Rakyat untuk Kedaulatan Pangan (KRKP). Sabtu (07/04/18).

Acara “Talk Show”  dibuka oleh Kepala Dinas Pertanian Kota Pematangsiantar  Drs. Tuahman Saragih dan paparan materi disajikan oleh Kepala Puskesmas  Kartini Renasti Bakkara, S.Km., Ir. Aborosius Purba,M.Si (Dosen Fakultas Pertanian USI) dan  Apni Naibaho (Penggerak Petani Sayuran Organic Siantar Simalungun).

talk show

Talk Show dan Pelatihan Pangan Sehat di Fakultas Pertanian Universitas Simalungun (USI).

Peserta “Talk how” dan Pelatihan diikuti oleh berbagai elemen masyarakat terdiri dari petani organic, Konsumen sayuran organic (Restoran, Hotel, dan Ibu – Ibu Rumah Tangga), Dosen dan Mahasiswa Fakultas  Pertanian USI.

Tujuan acara ini adalah untuk memperkuat regenerasi Petani dan Mengembangkan Pertanian secara Alam, termasuk menyadarkan konsumen untuk hanya mengkonsumsi pangan sehat. Dekan Fakultas Pertanian , Ir. Warlinson Girsang, MP dalam kata sambutannya , menyampaikan bahwa kebanyakan petani, masih mengandalkan Pestisida Sintesis untuk mengatasi Organism Pengganggu Tanaman  (Hama, Penyakit, dan Gulma).

Demikian juga penggunaan pupuk kimia cenderung meningkat. Menurut Dekan Fak.Pertanian ini,  sebenarnya tersedia Teknologi Budidaya Tanaman untuk tidak selalu bergantung kepada bahan Kimia Pestisida Sintesis untuk mengendalikan OPT. Salah satu Teknologinya adalah menerapkan Budidaya Pertanian secara alam.

Secara terpisah Rektor Universitas Simalungun (USI), Prof. Dr. Marihot Manullang menyatakan Bahwa USI adalah kampus yang Dinamis yang selalu berperan memberikan sumbangan pemikiran. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, USI memiliki tanggung jawab moral untuk menyehatkan Warga Kota Siantar. Dengan mengkonsumsi makanan yang diproduksi secara organic merupakan salah satu cara menjaga dan melestarikan Alam Lingkungan sekitar. (Tim/AS)

Sumber : Panitia Talk Show dan Pelatihan Pangan Sehat Fakultas Pertanian USI Pematangsiantar.

Share

Baca Juga