Gubernur NTT Ancam Potong Tangan Pelaku Ilegal Logging

Salingnews.com – Pembalakan liar atau ilegal logging dalam area hutan lindung di Nusa Tenggara Timur, marak terjadi. Hal ini kembali membuat Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor B. Laiskodat geram.

gubernur-ntt-ancam-potong-tangan-pelaku-ilegal-logging

Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor B. Laiskodat geram.

Viktor meminta aparat penegak hukum untuk menindak tegas pelaku pembalakan liar. Bahkan politisi partai NasDem itu mengancam, akan memotong tangan para pelaku.

“Saya minta aparat tindak tegas, kalau gubernurnya yang dapat, pasti potong tangannya,” tegasnya seperti ditulis Kamis (28/11/19).

Menurutnya, salah satu solusi mengatasi kasus pembalakan liar yakni membangun kesadaran dan ekonomi warga di sekitar hutan lindung. Selain itu, perlu adanya kesadaran pemerintah sebagai pelaksana dan pengawas, menjalankan undang-undang.

Sehingga ekonomi di sekitar wilayah hutan harus dikembangkan, baik dalam sektor pertanian, peternakan maupun perkebunan, sebagai bentuk koordinasi menjaga hutan menjadi lestari.

“Di seluruh dunia kalau tidak ada kesadaran masyarakat dan masyarakat tidak dibangun ekonominya secara baik, maka dia akan merambat, itu teori dasar,” tutup Viktor. (Red)

Sumber : Merdeka.com

Share

Baca Juga