HIMAPSI akan Tampilkan Seni Budaya Simalungun pada Hari Kemerdekaan RI

Salingnews.com – Medan | Biasanya untuk menyambut dan menyemarakkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, berbagai kegiatan dapat dilakukan untuk menyongsong momen HUT Kemerdekaan RI seperti perlombaan ditengah masyarakat ataupun kegiatan lainnya.

Rab_12_08_2020_23_48_43Ket Foto : Brosur HIMAPSI/Dedi Damanik

Namun, mengingat beragam suku, agama, adat, dan budaya adalah bagian yang tidak terpisahkan dalam kekayaan aset Negara Republik Indonesia. Kader-kader muda yang berada di wadah organisasi HIMAPSI akan menampilkan seni dan budaya Simalungun.

Meskipun masih mewabahnya pandemi Covid-19, tidak menyurutkan rasa semangat Himpunan Mahasiswa dan Pemuda Simalungun (HIMAPSI) untuk ikut menyemarakkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-75 dengan menampilkan seni budaya Simalungun yang nantinya dapat dilihat via akun media sosial (Facebook, Instagram) milik DPP HIMAPSI.

Kegiatan yang menampilkan Gual, Tortor, Inggou Simalungun oleh kawula muda HIMAPSI, diharapkan akan memberikan edukasi dan hiburan terhadap masyarakat.

Seperti yang disampaikan oleh Sekretaris Bidang OKK DPP HIMAPSI, Jheny Yusuf Saragih berharap kegiatan tersebut selain menampilkan hiburan namun dapat juga memberikan edukasi kepada masyarakat.

“Penampilan seni dan budaya Simalungun akan ikut menyemarakkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-75. Tentunya selain menampilkan hiburan, dapat juga mengedukasi kawula muda dan masyarakat lainnya,” ujarnya kepada Salingnews.com, Rabu (12/08/2020).

Kegiatan tersebut akan digelar tepat pada Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Senin (17/08/2020), yang dimulai pada Pukul 19.30 WIB sampai dengan selesai.

Kegiatan yang memiliki tema Muda Berbudaya Lestarikan Aset Bangsa mendapat respon positif dari Ketua Umum DPP HIMAPSI yaitu Rado Damanik.

Tokoh muda Simalungun ini mengajak agar seluruh elemen mendukung kegiatan yang akan ditampilkan di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Kegiatan ini adalah bentuk rasa syukur kita yang dimana masih diberikan kesempatan untuk melestarikan seni dan budaya Simalungun. Orang muda harus banyak belajar sejarah agar tidak terkikis oleh zaman. Seperti salah satu ungkapan dari Bung Karno yaitu ‘Jangan Sesekali Melupakan Sejarah’ (Jas Merah). Itu adalah jaminan untuk kita mencintai dan melestarikan seni budaya Simalungun. Karna bagaimanapun, Suku Simalungun adalah aset dan bagian kekayaan Negara Indonesia,” ucapnya.

Ia mengajak agar setiap orang muda dan masyarakat Simalungun melestarikan seni dan budaya Simalungun melalui penampilan yang akan segera digelar tepat pada HUT Kemerdekaan RI.

Penulis : Dedi Damanik
Editor : Dedi Damanik

Share