Intensitas Hujan Tinggi, Akses Jalan Desa di Sekitar PTPN IV Simalungun Rusak Parah

Salingnews.com – Simalungun | Intensitas curah hujan yang tinggi mengakibatkan akses jalan dan jembatan masyarakat di Parsaguan Nagori Simpang Panei Raya, Kecamatan Panei, Kabupaten Simalungun, mengalami kerusakan cukup parah.

Sebelum terjadinya kerusakan terhadap akses jalan, hujan turun pada malam hari, sekitar pukul 21.00 WIB.

IMG-20210112-WA0007Ket. Foto: Masyarakat Parsaguan Nagori Simpang Panei, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Sedang Menyaksikan Akses Jalan Yang Rusak

Menurut keterangan warga disana, L Damanik menyebutkan bahwa bencana alam tersebut pertama kali terjadi di desa mereka. Daerah persawahan masyarakat juga mengalami kerusakan serta pipa air minum swadaya masyarakat pecah.

IMG-20210112-WA0008“Itu aliran sungai dari kebun PTPN IV ke persawahan masyarakat. Bila sudah terjadi hujan deras, kita lihat saja sepanjang jalan dari Panei Tongah (Marjandi-Red) menuju ke Raya, pasti mengalami kebanjiran,” ungkapnya saat memberikan informasi kepada awak media, Selasa pagi, (12/1).

Ia menambahkan, pihak pemerintah harus secepatnya turun melihat kondisi tersebut.

“Padahal sebentar lagi akan banyak hajatan masyarakat disini seperti acara pesta pernikahan dan lainnya. Kendaraan roda empat sudah tidak bisa melintasi jalan menuju desa kami. Tentunya akan berdampak juga pada perekonomian di desa kami. Hasil alam disini akan sulit didistribusikan ke luar. Diduga kebun sawit PTPN IV juga berkontribusi atas bencana di desa kami,” terangnya.

Akibat tidak mampunya tumbuhan sawit dan tanah menyerap air sehingga terjadi luapan air saat intensitas curah hujan tinggi.

“Sebelum ada kebun sawit di sekitaran desa kami, semuanya baik-baik saja bang. Kami nyaman-nyaman aja tinggal disini. Jangan sampai hal ini dibiarkan, pastinya akan mengganggu keberlangsungan hidup kami,” tutupnya.

(DD/Red)

Share