Irjen Pol Martuani Sormin Diangkat Menjadi Kapolda Sumut

Salingnews.com – Mutasi di institusi Polri kembali dilakukan. Kali ini Irjen Pol Listyo Sigit menjabat sebagai Kabareskrim Polri mengisi posisi yang ditinggalkan Jenderal Idham Azis yang kini menjadi Kapolri.

623bdcb1-119d-49e8-8dea-59678e373cd1_169

Irjen Pol Martuani Sormin. 

Keputusan ini tertuang dalam Surat Telegram ST/3229/XII/KEP/2019 tertanggal 6 Desember 2019. Telegram ini ditandatangani oleh As SDM Kapolri Irjen Eko Indra Heri.

“Benar, mutasi merupakan hal biasa dalam tubuh polri,” ujar Eko silansir dari media kumparan, Jumat (07/11/19).

Sementara posisi Kabaharkam kini dijabat Irjen Agus Andrianto yang sebelumnya menjadi Kapolda Sumut. Pejabat lama yakni Komjen Firli menjadi perwira tinggi di Baharkam Polri. Firli sendiri akan menjabat sebagai Ketua KPK.

Irjen Pol Martuani Sormin diangkat menjadi Kapolda Sumut menggantikan Irjen Agus Andrianto.

Untuk diketahui, kekosongan jabatan kabareskrim telah genap 1 bulan pasca-dilantiknya Jenderal Idham Azis sebagai Kapolri, Jumat (01/11/19). Kekosongan ini dianggap akan mengganggu kinerja Polri mengusut kasus penyerangan terhadap Novel Baswedan.

Merespons hal itu, Kadiv Humas Polri Irjen Pol M Iqbal mengatakan, Bareskrim akan tetap fokus mengusut kasus Novel. Ia membantah penyelidikan kasus Novel buntu.

“Sama sekali tidak. Tim bekerja maksimal. Tunggu saja, ini masalah waktu. Insyaallah kita sangat optimistis,” kata Iqbal di Bareskrim Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa (03/12/19).
Irjen Listyo Sigit Prabowo pernah menjadi ajudan Presiden Joko Widodo. Sigit menjabat sebagai Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri sejak 13 Agustus 2018.

Sigit juga pernah menjadi Kapolres Pati pada 2009, Kapolres Sukoharjo pada 2010, Kapolresta Surakarta pada 2011, dan Kapolda Banten. Lulusan Akademi Kepolisian pada 1991 ini juga pernah menjabat sebagai Kasubdit II Dittipidum Bareskrim Polri.

Terpisah Diangkatnya Irjen Pol Martuani Sormin Menjadi Kapolda Sumut, mendapat respon baik dari Dewan Pengurus Pusat Himpunan Mahasiswa dan Pemuda Simalungun (DPP Himapsi), serta menyambut baik sosok Putra Sumatera Utara, yang lebih mengerti bagaimana karakter masyarakat Sumatera Utara, hal itu di katakan oleh Rado Damanik Ketua Umum DPP Himapsi.

“Kita juga berharap kasus – kasus yang ada di Sumatera Utara segera di usut tuntas, termasuk Kasus Perambahan Hutan, dan Kasus OTT, khususnya yang ada di Kota Pematangsiantar, yang sampai hari ini belum ketemu dalang utama kasus OTT tersebut.” kata Rado Damanik. (Tim/Red)

Share

Baca Juga