Kapolda Sumut Buka PTLF 2019, Dorong Pemerintah Daerah Bangkitkan Pariwisata Danau Toba

Salingnews.com – Parapat.  Kapolda Sumut (Kapoldasu), Irjen Pol Agus Andrianto resmi membuka Poldasu Toba Lake Fiesta (PTLF) di Pantai Bebas, Parapat. Kapoldasu menyampaikan PTLF salah satu ikon wisata Danau Toba, yang sejalan dengan program pemerintah pusat, Sabtu (12/10/19).

IMG-20191012-WA0040

Kapolda Sumut, Irjen Pol Agus Andrianto saat membuka Poldasu Toba Lake Fiesta (PTLF) di Pantai Bebas, Parapat.

Dalam sambutanya, Irjen Pol Agus mengatakan, pembangunan dan pengembangan wisata Danau Toba merupakan program prioritas pemerintah pusat.

Polda Sumut, kata Irjen Pol Agus, berinisiasi mendukung dan mendorong pemerintah daerah di seputaran Danau Toba untuk menyambut program pemerintah daerah dalam mengembangkan pariwisata Danau Toba.

“Kegiatan ini pada hakekatnya adalah kelanjutan dari kegiatan yang diselenggarakan pada 2018 yang lalu. Pasca tragedi KM Sinar Bangun yang berdampak terhadap penurunan wisatawan, yang sangat berpengaruh kepada warga seputaran Danau Toba,” katanya.

Kapolda menambahkan, untuk kegiatan tahun ini, even PTLF 2019 sangat luar biasa. Ini juga sekaligus menyambut penetapan Danau Toba sebagai super prioritas dalam pengembangan dan pembangunan pariwisata oleh pemerintah pusat.

“Danau Toba salah satu destinasi unggulan di Indonesia. Oleh karena itu, kita harus menyambut dengan menyelenggarakan even even yang selaras dengan program pemerintah,” jelasnya.

Danau Toba, lanjut Irjen Pol Agus, program pariwisata nasional Indonesia. Dengan kegiatan PTLF ini, berpengaruh kepada banyak sektor. Sebagai contoh kata Agus, ada pergerakan ekonomi warga khususnya pedagang hingga pengusaha perhotelan.

“Tugas dari pada kita sekalian, khususnya pemerintah daerah, adalah membantu perpajangan pemerintah dalam upaya mensejahterakan masyarakat,” ujar mantan Kapolsek Parapat ini.

Bupati Simalungun, JR Saragih mengakui kegiatan PTLF 2019 ini meningkat pariwisata Danau Toba, khususnya Parapat Kabupaten Simalungun.

“Kami apresiasi dan kami sambut Kapolda Sumut yang sudah menyelenggarakan acara ini. Dengan acara ini, tentu ada peningkatan perekonomian warga khususnya pedagang,” ungkapnya.

Dalam mengembangkan pariwisata Danau Toba, sambung JR, Pemerintah Kabupaten Simalungun dalam waktu dekat akan menyelenggarakan even pariwisata dan budaya di Pantai Bebas Parapat.

Hadir dalam pembukaan PTLF 2019, Kapolres se Kabupaten yang berada di kawasan Danau Toba, Bupati Taput Nixon Nababan, Wakil Bupati Simalungu Amran Saragih serta pejabat TNI. (Tim/Red)

Share

Baca Juga