Kelompok Tani Sampaikan Sejumlah Masalah Kepada Asner Silalahi

Salingnews.com – Pematangsiantar | Petani menjadi salah satu subjek yang mampu mendongkrak dan memiliki peran dalam mempertahankan ketahanan pangan di negeri. Petani juga disebut sebagai garda terdepan dalam upaya pemenuhan kebutuhan pangan suatu negara.

IMG-20201029-WA0001Kali ini, momentum terhadap perhelatan kontestasi pemilihan kepala daerah, kelompok tani (poktan) menyambangi dan menyampaikan keresahan kepada Calon Wali Kota Pematangsiantar, Ir Asner Silalahi MT, yang kediamannya berada di Jalan Sidamanik, Kelurahan Martimbang, Kecamatan Siantar Selatan, Rabu sore (28/10).

Kelompok tani ini membeberkan sejumlah permasalahan yang sedang mereka hadapi, seperti kelangkaan terhadap pupuk, benih, kerusakan saluran irigasi, banjir, alih fungsi lahan, dan terbentur di tata ruang wilayah kota. Salah satunya daerah yang cukup terganggu karena masalah saluran irigasi yaitu di Kecamatan Siantar Marimbun.

Selain itu, kelompok tani yang bertemu langsung dengan Asner Silalahi menambahkan permasalahan lain terkait bendungan Bah Biak yang tidak mampu mengalirkan air dengan baik. Sedangkan mengenai bibit, petani kerap sekali kesulitan mendapatkannya dan jikapun ada, biasa bibit yang lama.

“Kami sangat mengharapkan agar benih yang ada harus benih baru. Itu yang kami ingin dapatkan kalau Bapak Asner Silalahi telah jadi Wali Kota,” kata M Silalahi.

Calon Wali Kota Pematangsiantar Ir Asner Silalahi sendiri mengaku, bahwa petani seharusnya tidak boleh diabaikan dan jika ia diberi kesempatan memimpin kota ini maka masalah yang dihadapi petani menjadi salah satu pekerjaan prioritas dan pertanian di Pematangsiantar membantu ketahanan pangan.

Sementara, soal benih dan pupuk, Asner berjanji nantinya akan mendorong dinas pertanian untuk mengontrol dan mengawasi peredarannya.

“Akan diupayakan sepenuhnya selalu ada dan yang terbaru sesuai perkembangan zaman, mari doakan jika saya menjadi Wali Kota, kita akan upayakan ini semua,” ujarnya.

Asner menambahkan, pemerintah saat ini sedang meningkatkan program ketahanan pangan dan petani sebagai garda terdepan untuk melaksanakan ketahanan pangan nasional.

“Untuk itu di Siantar juga harus ada ketahanan pangan,” ujarnya seraya mengajak agar para poktan selalu mematuhi protokol kesehatan di musim pandemi sekarang ini.

Sementara dalam mengatasi banjir, lanjut Asner, akan memperbaiki temboknya dan wajib ada pintu kontrol yang berfungsi mengatur air masuk dan keluar.

Diakhir pertemuan tersebut, para poktan sepakat untuk memenangkan Asner – Susanti pada pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember mendatang. (Tim/Red)

Share