Kopassus Bantu Polri Tangkap Terduga Teroris di Sumut dan Malang

Salingnews.com – Polri sudah mulai bekerja sama dengan TNIdalam menangkap dan memberantas teroris di Indonesia. Komando Pasukan Khusus (Kopassus) sudah terlibat dalam sejumlah penangkapan terduga teroris setelah aksi serangan bom di Surabaya dan Sidoarjo.

Kopasus

Kopassus di HUT ke-72 TNI (Foto: kumparan)

“Sudah koordinasi dengan Kopassus untuk masuk. Kemarin Kapolri sudah sampaikan,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (16/5).

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Setyo Wasisto

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Setyo Wasisto (Foto: kumparan)

Setyo mengungkapkan, Kopassus sudah dilibatkan saat penangkapan terduga teroris di Sumatera Selatan, Sumatera Utara, dan Malang. Hal itu guna mempercepat penanganan kepada para terduga pelaku terorisme.

“Kopassus dari (penangkapan) di Sumut, Malang dan sebagainya. Penangkapan ini kita libatkan Kopassus,” ucapnya.

Lebih lanjut, Setyo mengungkapkan Kopassus juga akan turut membantu Polri dalam mengamankan sejumlah objek vital.

“Pasti itu, sudah protapnya begitu,” pungkas Setyo.

Sebelumnya, Densus 88 menangkap dua orang terduga teroris di Malang, Jawa Timur. Selain itu, Densus 88 juga menangkap dua terduga teroris di Medan, bernama Yusuf dan Syafrizal. Sedangkan, satu orang lainnya bernama Wahyu melarikan diri.

Keterlibatan TNI dalam penanganan terorisme bersama Polri sebenarnya sudah dibentuk melalui Komando Operasi Khusus Gabungan (Koopssusgab). Koopssusgab sudah dibentuk sejak 2015 saat Moeldoko menjabat sebagai Panglima TNI. Koopssusgab ini melibatkan prajurit dari satuan khusus antiteror dari setiap satuan, yakni Sat 81 Kopassus TNI AD, Denjaka Marini TNI AL, dan DenBravo Paskhas TNI AU. (Red)

Sumber : kumparan.com

Share

Baca Juga