KPUD Siantar Masih Menunggu Berkas Dukungan Perbaikan Ojak-Effendi

Salingnews.com – Pematangsiantar | Usai seminggu pelaksanaan rekapitulasi hasil verifikasi faktual di Kecamatan beberapa waktu lalu yang dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) untuk jalur perseorangan yakni Bakal Pasangan Calon Ojak Naibaho-Effendi Siregar. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pematangsiantar masih menunggu penyerahan syarat dukungan perbaikan hingga pukul 24.00 WIB, Senin (27/7/2020).

images (15)Ket Foto : Bakal Pasangan Calon Kepala Daerah Jalur Perseorangan (Ojak-Effendi) Saat Melakukan Penyerahan Berkas Beberapa Waktu Lalu Ke KPUD Siantar.

Sebelumnya, sekitar 19.050 dukungan yang di verifikasi faktual oleh KPUD, hanya berkisar 8.600an yang lolos memenuhi syarat. Sementara, untuk bisa melanggengkan jalur perseorangan harus mengumpulkan data minimal 17.910 dukungan.

Sehingga sesuai dengan Surat Keputusan KPU Nomor 82/PL.02.2-Kpt/06/KPU/II/2020 tentang Pedoman Teknis Penyerahan Dukungan dan Verifikasi Dukungan Bapaslon Perseorangan, tim OKE (Ojak-Effendi) harus menyerahkan 2 kali lipat banyaknya berkas dukungan perbaikan dari selisih berkas dukungan yang memenuhi syarat dan syarat minimal pencalonan.

Komisioner KPUD Siantar Divisi Teknis, Gina Ruth Ginting mengatakan bahwa hari ini pihak mereka akan menunggu hingga pukul 24.00 WIB penyerahan berkas dukungan perbaikan jalur perseorangan dan dokumen tersebut harus di input ke aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

“Dokumen syarat dukungan harus di input dari E-KTP maupun surat keterangan pendukung. Dan sampai pukul 15.40 wib pasangan Ojak-Efendi (OKE) belum juga datang ke KPUD. Kita tunggulah dulu sampai pukul 24.00 WIB. Sebelumnya kita juga sudah berkomunikasi dengan tim OKE. Mereka bilang akan datang untuk mengantarkan syarat dukungan perbaikan,” ujarnya sembari mengatakan tetap optimis.

Pantauan media Salingnews.com sore ini saat berada di Kantor KPUD di Jalan Porsea No 3, Kelurahan Teladan, Kecamatan Siantar Barat, belum juga terlihat dari Tim OKE untuk menyampaikan berkas syarat dukungan perbaikan.

Penulis : Dedi Damanik
Editor : Dedi Damanik

Share