Lautan Sampah di Pantai Sanur Dua Kali Lebih Banyak dari Tahun 2017

Salingnews.com – Pesisir Pantai Sanur diprediksi akan dipenuhi sampah. Menurut Kepala Bidang Persampahan dan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Denpasar, Ketut Adi Wiguna, sampah-sampah tersebut adalah dampak dari angin timur yang diprediksi akan terjadi selama dua minggu ke depan.

banjir sampah

Banjir Sampah di Sanur, Bali (Foto:  Cisilia Agustina Siahaan/kumparan)

Akibatnya, jika tahun-tahun sebelumnya sampah yang terbawa ke pantai hanya kisaran 8-10 ton per hari. Namun, tahun ini akan terjadi peningkatan.

“(8-10 ton per hari) Karena setelah satu minggu cuaca kembali, tapi untuk sekarang prediksi BMKG cuaca seperti ini akan berlangsung selama dua minggu ke depan. Jadi bisa diprediksi volume sampah akan dua kali lipat tahun sebelumnya,” ujar Wiguna.

Baca Juga :   Dalam Tiga Hari, 30 Ton Sampah Diangkut dari Pesisir Sanur, Bali

Untuk mengantisipasi peningkatan volume sampah, DLHK Kota Denpasar telah menurunkan 60 personel untuk siaga membersihkan pantai. Selain itu, DLHK juga telah menerjunkan 10-15 truk pengangkut sampah, yang nantinya akan membawa sampah tersebut ke TPA di Suwung, Denpasar.

“Setiap hari kami standby tenaga kerbersihan, kurang lebih 60 orang. Apalagi sekarang ini ekstrem, harus kerja sama dengan nelayan dan pedagang termasuk komunitas lingkungan untuk membersihkan sampah-sampah ini,” tambahnya.

Lebih lanjut, menurutnya, DLHK akan mengajak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Denpasar, termasuk siswa sekolah untuk bersama-sama membersihkan lingkungan, terutama di Pesisir Pantai Sanur. Wiguna, menambahkan, dalam kerja bakti yang rencananya akan berlangsung hari Jumat (13/4) mendatang tersebut, pihaknya akan mengajak komunitas peduli sampah yang ada di Bali.

“Laut sebagai tempat terakhir sampah-sampah dari sungai-sungai yang ada di kota Denpasar dan Sanur adalah satu-satunya destinasi pariwisata pantai di Denpasar. Hari Jumat kami akan mengerahkan semua kekuatan, OPD di Kota Denpasar dan anak-anak sekolah untuk turun kerja bakti di pesisir Sanur,” tandas Wiguna. (Red)

Sumber : kumparan.com

Share

Baca Juga