Minim Perhatian, Ternyata Siantar Punya Atlet Putri Yang Mengibarkan Bendera Merah Putih di Kancah Dunia

Salingnews.com – Pematangsiantar. 
Kota Pematangsiantar selain dikenal dengan keasrian, kenyamanan, dan predikat toleransinya yang masih dirawat, ternyata Kota Pematangsiantar memiliki atlet putri yang cukup bersinar pada kancah Nasional hingga Internasional.

IMG-20200607-WA0008

Atlit Siantar, Melpida Sitohang.

Perempuan kelahiran Marjayasih, 16 April 1994 ini mulai masuk jenis olahraga beladiri Kungfu Nagasakti saat masih menduduki bangku kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP). Perempuan yang bernama Melpida Sitohang memiliki latarbelakang keluarga yang perekonomian menengah kebawah harus berjuang menghadapi kerasnya kehidupan. Ayahnya yang berprofesi sebagai supir dan kadang membutuhkan waktu lama untuk pulang dikarenakan tuntutan pekerjaan, membuat Melpida sempat mendapat larangan keras dari sang Ayah. Namun hal itu tidak menyurutkan niatnya untuk tetap berlatih beladiri.

IMG-20200607-WA0005

Usai kelulusan dari bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) Melpida sempat berhenti berlatih. Hingga saat menduduki bangku kelas XI, Melpida mendapat kesempatan untuk mengikuti Kejuaraan Daerah (Kejurda) Se-Sumatera Utara pada Tahun 2012 lalu. Dengan perasaan hati senang, Melpida bergegas mempersiapkan mental dan berlatih terus menerus. Alhasil buah manis berpihak kepadanya untuk menikmati Juara Pertama jenis olarharaga beladiri pada Kejuraan Daerah tersebut.

IMG-20200607-WA0006
Perempuan yang bertempat tinggal di Jalan Durian (Lapangan Bola Atas) Kecamatan Siantar Marihat itu, tidak berhenti menggali potensi yang ia miliki, 2 (dua) bulan setelah usai Kejuaraan Daerah, Melpida dipanggil untuk mengikuti Pelatihan Daerah (Platda) guna persiapan pertandingan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) di Riau. Melpida kembali membuahkan hasil dengan mempersembahkan medali perunggu pada cabang olahraga Wushu, yang saat itu menyingkirkan beberapa petarung yang beberapa kali telah mengikuti Kejuaraan Dunia.

IMG-20200607-WA0004
Pengalaman demi pengalaman yang didapatkannya, membuat Melpida belum cukup puas untuk ingin mengibarkan Bendera Merah Putih pada kancah Dunia. Seiring waktu berjalan, Melpida terus mempersembahkan prestasi gemilang baik di tingkat Junior/Senior.

Beberapa prestasi yang telah didapatkannya :
-Tahun 2012 mendapat Juara I daerah Sumut dan Juara III Nasional tingkat Junior.
-Tahun 2013 mendapat Juara I sedaerah Sumut+pemain terbaik Putri tingkat Senior dan Juara III Nasional tingkat Senior.
-Tahun 2014 mendapat Juara I sedaerah Sumut  +pemain terbaik Putri tingkat Senior dan Juara I Nasional tingkat Senior.

IMG-20200607-WA0002
Karirnya sempat terhenti hingga dua tahun lamanya. Karena ia merasa hasil yang didapat belum mencukupi, ia memilih untuk merantau mencari pekerjaan keluar kota untuk bisa membantu membutuhi kehidupan keluarga yang pada saat itu kedua adiknya masih bersekolah.

Kehidupan pribadinya semakin dilema saat ia mengetahui dirinya akan dijodohkan dengan pria pilihan orangtuanya. Hal tersebut membuat Melpida meninggalkan rumah dan mencoba keberuntungan di Ibu Kota Negara (Jakarta).

IMG-20200607-WA0001
Di Jakarta pada tahun 2017, ia mengikuti jenis olahraga beladiri yang cukup populer ditelinga dengan sebutan Mixed Martials Arts (MMA) Indonesia yang diselenggarakan di salah satu pertelevisian Nusantara. Dalam karirnya di MMA Indonesia, ia memenangkan 3 (tiga) pertandingan dan mengalami 2 (dua) kekalahan.

Ia mengukir prestasi pada tahun 2018 dengan mendapatkan Juara I Nasional Unnes Senior Wushu, kemudian Juara I Nasional Kickboxing.

Di tahun 2019, ia mempersembahkan kepada Negara dengan memberikan prestasi Juara I Nasional Kickboxing dan Juara III pada Seagames Philipina yang berhasil mengibarkan bendera Merah Putih di kanca dunia.

Ia menyampaikan pesan kepada kaum muda agar terus semangat dalam menggali potensi diri masing-masing. Ia juga menyampaikan sedikit kekecewaannya terhadap Pemerintah Kota yang minim kepedulian terutama kepada kaum muda berprestasi.

“Semoga anak-anak Siantar bisa berprestasi, baik dari segi manapun yang dapat membanggakan Keluarga, Bangsa, dan Negara. Tetap Semangat!,” mengakhiri pertemuan singkat. (DD/Red)

Share