Pantai Ancol Bersiap Sambut Fenomena Langka Bulan Merah Darah

Salingnews.com – Warga DKI Jakarta dan sekitarnya dapat menyaksikan secara langsung fenomena langka yang dikenal dengan trilogi supermoon pada Rabu (31/1). Peristiwa ini terbilang sangat langka karena hanya terjadi dalam siklus 150 tahunan.

supermoon

Supermoon (Foto: REUTERS / Darrin Zammit Lupi TPX GAMBAR HARI)

Sejumlah lokasi di Jakarta telah dipersiapkan untuk menyaksikan fenomena langka tersebut, salah satunya Taman Impian Jaya Ancol. Rencananya, pengelola Taman Impian Jaya Ancol akan mengundang narasumber yang dapat mengedukasi pengunjung terkait fenomena supermoon.

Pengunjung cukup membayar tiket Gerbang Ancol dan bagi pemegang Kartu Jakarta Pintar (KJP) dapat mengunjungi Pantai Ancol secara gratis di malam tersebut.

“Kami menyambut baik imbauan Gubernur Provinsi DKI Jakarta yang menyebut kawasan wisata sebagai lokasi untuk masyarakat Jakarta menyaksikan fenomena alam Supermoon,” ujar Direktur Rekreasi Taman Impian Jaya Ancol, Teuku Sahir Syahali, melalui keterangan tertulis yang diterima kumparan (kumparan.com) Sabtu (27/1).

Untuk menyaksikan fenomena langka tersebut, pengelola Ancol menyiapkan titik kumpul di jembatan cinta (le bridge) yang berlokasi di Pantai Timur Ancol.

“Dipilihnya lokasi tersebut agar pengunjung dapat melihat proses supermoon dengan jelas,” kata Teuku Sahir.

Alasan dipilihnya jembatan cinta karena lokasi tersebut menjorok ke tengah laut sehingga fenomena supermoon dapat terlihat dengan jelas.

Selain menyediakan lokasi pengamatan, pengelola Ancol juga bekerja sama dengan Yayasan Baiturrahman Jaya Ancol menyelenggarakan salat gerhana bulan di Masjid Baiturrahman Ancol. (Red)

sumber : kumparan.com

Share

Baca Juga