Parguruan Dihar Simalungun Membuka Cabang di Sekolah SMP dan SMK Surya Pematangsiantar

Salingnews.com – Pematangsiantar. Parguruan Dihar Simalungun (PAHARSI) yang berpusat di Jalan Teratai, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, kini mengembangkan Parguruan Diharnya hingga ke Sekolah – Sekolah tingkat SMP dan SMK salah satunya di Sekolah Yayasan Perguruan Surya Kota Pematangsiantar Jalan Dalil Tani Pematangsiantar. Senin (22/10/18).

PAHARSI

Cabang Parguruan Dihar Simalungun (PAHARSI) di Sekolah SMP dan SMK Surya Pematangsiantar.

Pelatih Utama PAHARSI Gagah Damanik  mengatakan kepada Salingnews.com, bahwa  sangat mengapresiasi kepada pihak sekolah SMP dan SMK Surya Pematangsiantar, yang sudah mendukung dibentuknya Cabang Parguruan Dihar  Simalungun (PAHARSI) menjadi salah  satu kegiatan ekstra kulikuler di sekolah Surya Pematangsiantar.

Tambahnya lagi, bahwa adapun tujuan dibentuknya cabang PAHARSI di SMP dan SMK  Surya  Pematangsiantar, yaitu  Agar para siswa/siswi SMP dan SMK Surya  Pematangsiantar mengetahui serta mampu melaksanakan Olahraga Seni Beladiri Pencak Silat / Dihar Simalungun, yang merupakan salah satu Budaya Simalungun.

“Kita mencari Pesilat yang berbakat untuk menjadi seorang Atlet yang berprestasi, yang dapat di pertandingkan di tingkat Daerah maupun Nasional sehingga dapat mengharumkan nama Sekolah SMP dan SMK  Surya  Pematangsiantar dan nama  Kota Pematangsiantar di bidang olahraga Pencak Silat”. Sebut Gagah Damanik.

Lanjutnya menambahakan bahwa Cabang PAHARSI yang baru dibuka di SMP dan SMK  Surya Pematangsiantar  tersebut, dibuka pada Senin (08/10/18) yang lalu dan akan  rutin latihan setiap hari Senin, Rabu dan Kamis.

“Harapan saya kedepan, mari kita olahragakan masyarakat dan memasyarakatkan Olahraga di Kota Pematangsiantar, khususnya Olahraga Dihar Simalungun di Sekolah- Sekolah,  Serta meminta kepada Pemerintah Kota Pematangsiantar  agar turut mendukung berkembangnya Dihar Simalungun di Kota Pematangsiantar,  karena itu merupakan salah satu Budaya Simalungun di bidang Olahraga Seni Bela Diri.”Sebut Gagah Damanik selaku Pelatih Utama PAHARSI. (Tim/Red)

Share

Baca Juga