Pelantikan Anggota DPRD Kabupaten Simalungun Bernuansa Adat dan Budaya Simalungun “Maranggir”

Salingnews.com – Simalungun.  Menjelang pelantikan calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Simalungun yang dijadwalkan pada Rabu (25/09/19), Johalim Purba Ketua Dewan (DPRD) Kabupaten Simalungun periode 2014-2019 pimpin Gladi Resik (GR) di gedung Harungguan Bolon, Pamatang Raya.

gladi resik dprd simalungun

Prosesi “Maranggir” saat Gladi Resik (GR) Pelantikan DPRD Kabupaten Simalungun.

Pelantikan ini akan dibumbui dengan nuansa Adat dan Budaya Simalungun salah satunya adalah “Maranggir”. Menurut Johalim Purba, Selaku Ketua DPRD Kabupaten Simalungun periode 2014-2019 yang juga memimpin kegiatan Gladi Resik (GR) pada hari ini, Senin (23/09/19).

Sebanyak 50 calon anggota Dewan terpilih mengikuti arahan dari pemangku adat bermarga Purba Dasuha untuk terlebih dahulu melakukan pembasuhan wajah dan kepala yang disebut dengan “Maranggir”, hal ini dilakukan agar lebih membersihkan diri sebelum bekerja untuk rakyat Simalungun dengan memegang teguh falsafah “Habonaron Do Bona”

Johalim Purba menyampaikan kepada para anggota Dewan terpilih bahwa pentingnya menjaga dan melestarikan adat budaya, seperti yang akan kita laksanakan pada acara pelantikan atau dengan bahasa Simalungun disebut “Patappei Silihap”.

“Kita sudah konsep sedemikian rupa dalam pelantikan saudara-saudara calon Dewan terpilih sesuai dengan amanah Undang-Undang, namun ada hal lain juga yang harus dilaksanakan yaitu amanah untuk melestarikan Adat dan Budaya di Simalungun. Hari ini kita menjadwalkan Gladi Resik (GR) untuk diikuti seluruh calon anggota Dewan (DPRD) terpilih periode 2019-2024 untuk mengikuti arahan dari petuah atau pemangku Adat di Simalungun.” Pungkasnya.

Timbul Jaya Sibarani, Ketua Dewan (DPRD) Kabupaten Simalungun periode 2019-2024 menyampaikan ungkapan rasa terimakasih, dikarenakan hingga detik ini masih setia untuk menyempurnakan acara pelantikan dengan tidak menghilangkan kearifan lokal seperti pelestarian Adat dan Budaya Simalungun.

“Saya sangat berterimakasih dan bangga kepada beliau Johalim Purba, yang tetap setia dalam promotor pelestarian Adat dan Budaya Simalungun. Dan itu implementasinya pada acara pelantikan anggota Dewan (DPRD) periode 2019-2024.” Pungkasnya.

Selain “Maranggir”, pelantikan calon anggota Dewan terpilih akan mengenakan pakaian Adat dan Budaya Simalungun. (Ded/Red)

Share

Baca Juga