Penyesuaian Tarif Air Oleh PDAM Tirtauli Tidak Sesuai Aturan

Salingnews.com – Pematangsiantar. Terkait penyesuaian tarif air yang di lakukan oleh PDAM  Tirtauli Pematangsiantar terhadap konsumennya tidak sesuai dengan aturan yang berlaku dengan kebijakan Penyesuaian Tarif Air.

Apabila kebijakan  PDAM tersebut adalah  penyesuain Golongan, maka harus ada tahap- tahap yang di lakukan contohnya Survei,  beberapa hari yang lalu sudah sempat kita pertanyakan kepada pihak PDAM melalui Kabag Hukum dan Humas apakah penyesuaian golongan tersebut sudah melalui aturan / tahap – tahap yang berlaku. Hal itu disampaikan oleh Oky Rajagukguk  Wakil Sekretaris Taruna Merah Putih Pematangsiantar kepada Salingnews.com, Sabtu (18/05/19).

IMG-20190518-WA0002

Oky Rajaguk-guk  Wakil Sekretaris Taruna Merah Putih Pematangsiantar

“Kita tidak dapat jawaban yang memuaskan” Kata Oky.

Lanjuntnya mengatakan bahwa menurut keterangan yang tertulis dalam surat yang disampaikan ke masyarakat bahwa PDAM Tirtauli sudah melakukan survei.

“Pihak PDAM Tirtauli melakukannya pada tahun 2013 lalu, sedangkan kebijakannya baru dikeluarkan beberapa hari yang lalu, dan terkait Survei Independen yang  diklaim mereka tersebut, kita pertanyakan juga sistem atau cara penelitiannya secara kuesioner atau wawancara”. Ungkapnya.

Oky juga mengatakan bahwa secara gamblang pihak PDAM Tirtauli tidak bisa menjelaskanya dan kami malah diperlihatkan buku daftar hasil Pendataan Ulang Jenis Tarif pelanggan PDAM Tirtauli Kota Pematangsiantar 2014, yang tidak ada kaitanya dengan perubahan terhadap survei tersebut, baik sebelum pendataan dan sesudah pendataan.

“Menurut keterangan masyarakat yang kita jumpai, yang mendapat surat tersebut tidak pernah rumah mereka di datangi orang Survei dari PDAM”. Sebut Oky Rajaguguk.

Dengan Penyesuaian golongan  tanpa dasar yang kuat patut kita duga PDAM Tirtauli secara tidak langsung mau menambah beban masyarakat (Konsumen). Kita melihat dan menduga ada sedikit kejanggalan  terhadap penyesuaian tersebut yang tidak transparansi dan akuntabilitas sesuai dengan amanat Peraturan dan Undang – Undang yang berlaku untuk terwujudnya Good Corporate Govermace di tubuh PDAM Tirtauli sendiri.

“Kalau itu yang dibuat adalah Kebijakan penyesuaian Golongan yang di berlakukan oleh PDAM Tirtauli terhadap Masyarakat (Konsumen) seharusnya tidak di berlakukan pada wilayah pelayanan yang belum Optimal. Dan untuk penyesuain tersebut PDAM belum sentuh semua golongan dikarenakan tidak adanya sosialisasi tersebut”. Ucapnya.

Dapat kita rasakan disini bahwa mutu pelayanan dengan kebijakan tersebut tidaklah pas, tanpa mempertimbangkan  keseimbangan dengan tingkat mutu pelayanan yang diterima oleh pelanggan selama ini. (Tim/AS)

Share

Baca Juga