Polemik Penolakan Revitalisasi GOR Siantar, Kabag Humas: Tak Perlu Persetujuan DPRD

Salingnews.com – Pematangsiantar. Kepala bagian hubungan masyarakat (Kabag Humas) Pemko Pematangsiantar, Hamam Sholeh mengatakan, tidak diperlukan persetujuan DPRD dalam hal kesepakatan kerjasama antara Pemko dengan PT. Suriatama Mahkota Kencana, terkait revitalisasi Gedung Olahraga (GOR) Pematangsiantar. Hal ini disampaikannya menanggapi sikap Himpunan Mahasiswa dan Pemuda Simalungun (HIMAPSI) Cabang Pematangsiantar, yang keberatan dan menolak revitalisasi dimaksud.

IMG_20180908_201054

Hamam Sholeh Kabag Humas Pemko Pematangsiantar.

Hamam menjelaskan, mengacu pada Permendagri No. 19 Tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah, tepatnya pada Pasal 78 ayat (4) berbunyi: Pemanfaatan barang milik daerah dilakukan tanpa melakukan persetujuan DPRD.

“Terkait dengan cacat hukum tentu harus diperjelas aspek mana yang dimaksud, ” ujarnya saat dikonfirmasi, Selasa (11/6/19) pagi.

Terkait masalah Analisis Mengenai Dampak Lingkungan, menurut Hamam sampai saat ini hal tersebut menjadi prasyarat untuk diterbitkan Izin Mendirikan Bangunan. Karenanya, masih dalam proses yang harus dilaksanakan sesuai ketentuan. Sementara mengenai masalah nilai komersial, penentuannya dilakukan oleh tim appresoal independent.

“Pemerintah tentu berharap kritik dan masukan dari segenap komponen masyarakat, agar niat pembangunan bisa bermanfaat bagi masyarakat, ” ucapnya.

Sebelumnya, Dewan Pengurus Cabang HIMAPSI Pematangsiantar, menyurati DPRD Pematangsiantar supaya menerbitkan rekomendasi pembatalan kerjasama Pemko Pematangsiantar dengan PT. Suriatama Mahkota Kencana, terkait kerjasama revitalisasi GOR dengan konsep Bangun Guna Serah, yang kontraknya ditandatangani pada 29 Mei 2019 lalu. (Tim/AS)

Share

Baca Juga