Presiden Jokowi Tunjuk Komjen Listyo Sigit Prabowo Jadi Kapolri Baru

 

Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo 

 
JAKARTA – Presiden Republik Indonesia, Ir Joko Widodo akhirnya menunjuk Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri yang baru menggantikan Jenderal Pol ldham Azis sebagai Kapolri.
 
Sebagaimana diketahui, bahwa Kapolri Idham Azis akan memasuki masa pensiun pada 25 Januari 2021 mendatang.
 
Sesuai informasi yang beredar dimedia sosial, Jokowi telah mengajukan nama Listyo ke Komisi lll DPR pada hari ini, Senin (11/1/2021) untuk diproses guna mengikuti Fit And Propper Test atau Uji Kelayakan dan kepatutan.
 
Direncanakan pada hari Rabu, Listyo akan mengikuti Fit and Propper Test di DPR. Ia akan memaparkan program-program yang bakal dilakukan setelah ditetapkan dalam sidang paripurna DPR yang kemudian akan dilantik oleh Presiden sebagai Kapolri.
 
Penunjukkan Listyo Sigit sebagai Kapolri, sudah diprediksi sebelumnya mengingat kedekatan antara Listyo dengan Presiden Jokowi.
 
Semenjak menjabat Kabareskrim pada akhir 2019 lalu, Komjen Listyo Sigit Prabowo telah menunjukkan prestasi mengungkap kasus penyiraman air keras terhadap penyidik KPK Novel Baswedan.
 
Selain itu, dibawah komandonya, Bareskrim juga berhasil menangkap buronan kelas kakap Joko S Chandra yang melibatkan dua oknum jenderal polisi. Pengungkapan kasus ini merupakan sebagai bentuk transparansi dan profesionalitas Bareskrim Polri dalam menjalankan tugas. Karir Komjen Listyo di kepolisian tergolong sukses.
 
Dari 5 nama calon Kapolri yang diajukan Kompolnas ke Presiden Jokowi, Komjen Listyo adalah calon termuda yakni angkatan 1991. 4 calon lainnya merupakan angkatan tahun 1988.
 
Selain Listyo, empat nama lain yang diserahkan Kompolnas untuk menjadi calon Kapolri adalah Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Komjen Boy Rafly Amar, Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Komjem Arief Sulistyanto, dan Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri Komjen Agus Andrianto.
 
Jika mantan ajudan Presiden Jokowi itu dilantik sebagai Kapolri, dia merupakan jenderal kedua yang menganut agama kristen (nasrani). Yang pertama di era Presiden Soeharto, yakni Jenderal Widodo Budidarmo. (Red)
Share