SaLing Apresiasi Polri dan Dukung Polres Siantar Peduli Lingkungan “Tanam Pohon”

Salingnews.com – Pematangsiantar. 10 Januari diperingati sebagai Hari Gerakan Satu Juta Pohon di Indonesia. Dalam upaya menjaga dan melestarikan lingkungan, selayaknya ada tindakan aksi nyata. Hal itu disampaikan salah satu pegiat/aktivis lingkungan di Kota Pematangsiantar. Dedi Wibowo Damanik, Sekretaris Eksekutif Organisasi Sahabat Lingkungan (SaLing) menyampaikan bahwa dalam menjaga dan melestarikan lingkungan bukan sekedar formalitas dalam memperingati hari-hari peduli lingkungan hidup.

IMG-20200110-WA0001

Jajaran Forkopimda Kota Pematangsiantar Foto bersama Usai melakukan Penanaman Pohon “Polri Peduli Lingkungan”.

“Tentunya dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup diperlukan tindakan aksi nyata, hal sederhana seperti kampanye lingkungan, tidak membuang sampah sembarangan, melakukan reboisasi (Penghijauan Kembali), dan lainnya. Meskipun realitanya masih jauh dari harapan, tetapi kita tetap optimis untuk mewariskan Bumi ini untuk generasi masa depan,” ujarnya. Jumat (10/01/20).


Kepolisian Republik Indonesia pada 10 Januari 2020 serentak seluruh wilayah di Indonesia melaksanakan gerakan penanaman pohon. Dengan gerakan penanaman pohon pada hari ini diyakini mampu meminimalisir serta mengurangi dampak terjadinya bencana banjir. Letak geografis Kota Pematangsiantar berada pada dataran rendah, yang memungkinkan bila dari hulu mengalirkan kuantitas air dengan volume yang besar akan terjadi bencana banjir.

Gerakan penanaman pohon di wilayah Kota Pematangsiantar yang di promotori oleh Kepala Polisi Resor, AKBP Budi Pardamean Saragih, mendapat tanggapan positif dari kalangan pegiat lingkungan. Dedi Wibowo Damanik mengapresiasi instansi Kepolisian dalam menjaga dan melestarikan lingkungan dengan melaksanakan gerakan penanaman pohon.

“Kita apresiasi instansi Kepolisian dalam menjaga dan melestarikan dengan melaksanakan gerakan penanaman pohon. Semoga kegiatan hari ini terpublikasi, agar semua pihak sadar akan pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan,” ucapnya.

Pantauan dilapangan, lokasi kegiatan Gerakan Penanaman Pohon berada di Kantor Pusat Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS), Jalan Pdt J Wismar Saragih, Kelurahan Bane, Kecamatan Siantar Utara, Kota Pematangsiantar. Tampak hadir Walikota Pematangsiantar, Sekretaris Daerah, Forkopimda, Dandim 02/07/SM, Danrem 022/PT, DanDempom, Dinas Lingkungan Hidup, Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BNPBD), Organisasi Masyarakat, serta Ephorus GKPS. (Tim/Red)

Share

Baca Juga