SaLing Tinjau Sungai Diduga Tempat Pembuangan Limbah  PT Allegerindo Nusantara

Salingnews.com – Simalungun. Sahabat Lingkungan (SaLing) meninjau aliran Sungai yang diduga Pembuangan Limbah ternak babi oleh PT. Allegerindo Nusantara yang ada di Nagori Salbe, Kecamatan Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara. Diketahui bahwa Air aliran sungai itu, langsung masuk ke wilayah perairan Danau Toba, di Daerah Tiga Ras, Kecamatan Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun.

IMG-20191208-WA0016

Sekretaris Eksekutif Sahabat Lingkungan, Dedy Wibowo Damanik dan beberapa Anggota SaLing usai melakukan peninjauan Aliran Sungai diduga tempat pembuangan Limbah PT. Allegerindo Nusantara.

Dalam pengembangan dan pemajuan kawasan Wisata Danau Toba sudah seharusnya didukung penuh oleh setiap lapisan-lapisan, elemen-elemen, kelompok-kelompok organisasi, masyarakat, dan Pemerintah. Hal itu disampaikan Dedi Wibowo Damanik Sekretaris Eksekutif Sahabat Lingkungan (SaLing) saat melakukan Investigasi di lokasi Aliran Sungai diduga tempat pembuangan limbah perusahaan ternak babi tersebut. Minggu (08/12/19) sekitar pukul 17 : 00 Wib.

Lanjut Dedi menjelaskan bahwa, dalam perjalanan untuk capaian kesana, masih ada yang dirasa perlu untuk dituntaskan oleh Pemerintah yaitu mencabut izin-izin perusahaan yang berada di kawasan Danau Toba. Kita tidak mau Danau Toba menjadi tempat bermuaranya limbah-limbah perusahaan.

“Sore ini, kami organisasi Sahabat Lingkungan melintas dari Desa Salbe Kecamatan Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, yang dimana disana ada Daerah Aliran Sungai (DAS) yang kami duga menjadi tempat pembuangan limbah ternak babi oleh PT Allegrindo Nusantara. Kami juga sudah mengambil beberapa sampel untuk dibawa ke laboratorium untuk diteliti lebih lanjut.” Jelas Sekretaris Eksekutif SaLing itu.

Selain itu, Dedi juga mengatakan bahwa jika sudah ada Hasil Laboratium dan dinyatakan Airnya Fositif tercemari oleh Limbah ternak babi, maka langkah selanjutnya akan di Laporkan Kepada Presiden Republik Indonesia.

“Kita meminta Presiden Jokowidodo menindak tegas Perusahaan Allegerindo jika terbukti mencemari lingkungan dan kita minta agar segera di cabut ijinnya usahanya,” tegas Dedi W Damanik.

Lanjut Sekretaris Eksekitif SaLing itu  mengatakan bahwa  beberapa menit berada di Daerah Aliran Sungai Nagori Salbe Kecamatan Dolok Pardamean, aroma tidak sedap tercium oleh merekan. Hal itu juga menjadi dugaan kuat SaLing bahwa PT Allegrindo Nusantara telah melakukan pencemaran lingkungan, yang dimana aliran sungai tersebut langsung bermuara ke Danau Toba.

Terpisah, PT Allegerindo Nusantara adalah perusahaan yang bergerak dibidang budidaya ternak babi yang beroperasi di Nagori Urung Pane, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara. PT Allegerindo Nusantara juga salah satu Perusahaan terbesar di Sumatera Utara.(Tim/Red)

Share