Ternak Babi di Silomangi Tidak Miliki Izin, SaLing : Segera Tindak!!!

Salingnews.com – Pematangsiantar. Organisasi Sahabat Lingkungan Siantar-Simalungun, Koordinator Nico Sinaga, melalui Humas dan Publikasi Hanter Siregar SH menyikapi pernyataan yang diberikan oleh Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPPTP) Kota Pematangsiantar melalui Kepala Bidang Perizinan, Mardiana, bahwa pihak mereka tidak pernah mengeluarkan izin terkait beroperasinya usaha ternak babi di Silomangi, Kelurahan Mekar Nauli, Kecamatan Siantar Marihat.

IMG-20191003-WA0001

Organisasi Sahabat Lingkungan saat melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan Kader di Haranggaol, Kabupaten Simalungun, beberapa waktu lalu. (Foto ; Red)

Hanter menyebutkan pernyataan dari Mardiana adalah senjata untuk segera menindak tegas atas tidak adanya izin usaha ternak di Silomangi.

“Logikanya begini, ketika izin usaha tidak ada, sudah pasti AMDAL (Analisis Masalah Dampak Atas Lingkungan) juga tidak ada, dan tidak menutup kemungkinan memang sudah menjadi masalah. Kemudian, apa tindakan selanjutnya? Ya melalui Dinas Perizinan mengeluarkan surat untuk menindak tegas bagi yang tidak memiliki izin usaha. Kita juga menduga, pembuangan limbah tidak sesuai dengan peraturan, sehingga tidak ada izin usaha.” Ucapnya. Kamis (03/10/19).

Ketika dikaitkan dengan pernyataan oleh Ambarita yang juga sebagai Kasi Peningkatan Kapasitas Lingkungan di Dinas Lingkungan Hidup Kota Pematangsiantar, bahwa sudah melayangkan surat teguran terhadap pemilik usaha ternak tersebut. Hanter berdalih bahwa Dinas Lingkungan Hidup memiliki alasan atas surat teguran yang dilayangkan kepada pemilik usaha ternak.

“Dinas Lingkungan Hidup sudah pasti punya alasan kenapa sampai melayangkan surat teguran terhadap si pemilik usaha. Yang pasti, kalau tidak ada izin usaha, segera ditindak tegas.” Ucapnya.

Diketahui usaha ternak yang berada di Silomangi sudah beroperasi sekitar kurang lebih 25 tahun. (Tim/Red)

Share

Baca Juga