Warga: Gempa Datang Kami Keluar, Beberapa Detik Masjid Langsung Ambruk

Salingnews.com – Lombok. Tim SAR gabungan terus berupaya mengevakuasi warga yang tertimbun reruntuhan masjid Jabal Nur di Desa Lading-lading, Lombok Utara, NTB. Warga yang selamat menuturkan saat-saat sebelum masjid itu ambruk.

petugas tim sar

Petugas tim gabungan SAR mengevakuasi korban gempa yang tertimpa bangunan masjid di Dusun Lading-lading, Desa Tanjung, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Senin (06/08/18). (Foto: Jamal Ramadhan/kumparan)

Seorang warga, Abdul (39) mengatakan, pada Minggu (05/08/18) sekitar 50 warga ikut salat Isya berjemaah di masjid Jabal Nur. Saat tengah menjalankan salat, tiba-tiba gempa mengguncang.

Baca Juga :

“Enggak sampai beberapa detik, kita diangkat akhirnya semua jamaah termasuk imamnya pertama keluar,” kata Abdul saat berbincang dengan kumparan di lokasi, Senin (6/8).

Gempa bumi, lombok korban gempa

Evakuasi jenazah korban gempa oleh Basarnas di Desa Lading-lading, Kecamatan Tanjung, Kab. Lombok Utara, Senin (06/08/18). (Foto: Jamal Ramadhan/kumparan)

Warga langsung berhamburan keluar masjid. Karena panik, warga berebut keluar dengan memadati sejumlah pintu di sekitar masjid. Warga yang tak sempat keluar dari pintu yang tertimpa bangunan.

“Berapa yang di dalam dan di luar, saya enggak tahu betul. Karena kita panik,” imbuh dia.

Setelah berhasil menyelematkan diri, Abdul tidak lagi menghiraukan jemaah yang terjebak di dalam masjid. Ia berlari mencari keberadaan anak dan istrinya di rumah saat gempa.

“Setelah kita selamat, kita bisa lari melihat anak kita segala macam. Yang lain enggak terpikir lagi berapa selamat,” imbuhnya.

Sementara itu melalui keterangan tertulisnya, Danrem 162/WB Kolonel Ahmad Rizal menyebut ada 30 warga yang terjebak di dalam masjid. Namun sejauh ini ada dua orang yang berhasil selamat.

“Sudah dibawa ke RSUD Provinsi NTB,” tandasnya.

Hingga saat ini petugas gabungan masih melakukan pencarian evakuasi di puing mesjid yang runtuh di Desa Lading-lading. (Red)

Sumber : kumparan.com

Share

Baca Juga