Warna Warni Pelantikan Presiden, Siantar Sambut Dengan Tortor Sombah

Salingnews.com – Pematangsiantar. Meskipun hari ini jadwal Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin, di daerah Kota Pematangsiantar terlihat sejumlah dari kalangan pelajar menyambut dengan beberapa tarian (Tortor) dibawah asuhan Sultan Saragih dan Raminah Garingging.

Screenshot_20191020-171357~2

Puluhan Siswa/i SMP dan SD saat menampilkan beberapa tarian Khas Simalungun

Kegiatan hari ini dilatarbelakangi dari ditetapkannya Tarian (Tortor) Sombah berasal dari daerah Simalungun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WTB) dan juga bentuk apresiasi terhadap Pemerintah Indonesia yang mendorong melestarikan Adat Budaya ditiap-tiap daerah.

Sebanyak 70 pelajar dari tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) tampak bersemangat meskipun keadaan cuaca yang berubah-ubah. Tarian (Tortor) Sombah menjadi tarian pembuka. Tarian (Tortor) Sombah biasanya dipakai dalam acara formal kebudayaan untuk menyambut para tamu undangan atau pejabat kerajaan. Hal ini menjadikan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden yang cukup menarik perhatian dikarenakan adanya dukungan dari pegiat budaya seperti Op Raminah Garingging dan Sultan Saragih.

Menurut Sultan Saragih yang juga inisiator dalam kegiatan Flash Mob Tortor Sombah mengungkapkan bahwa tidak ada kata menyerah untuk Simalungun. Mengingat banyak warisan-warisan leluhur yang harus di munculkan kembali dan dijaga serta melestarikannya.

“Tidak ada kata menyerah untuk Simalungun. Kegiatan hari ini menampilkan sebanyak 70 penari (Panortor) dengan dilatarbelakangi apresiasi terhadap Pemerintah yang sudah menetapkan Tarian (Tortor) Sombah menjadi Warisan Budaya Tak Benda (WTB),” ucapnya. Minggu (20/10/19).

Kegiatan Flash Mob Tortor Sombah dilaksanakan di Lapangan Parkir Pariwisata Kota Pematangsiantar dan setelahnya berpindah ke Lapangan Merdeka yang sebelumnya disebut Taman Bunga Kota.

Selanjutnya, Op Raminah Garingging yang saat ini menjalani usia ke-86 tahun tampak masih bugar dan semangat dalam melestarikan Budaya Simalungun dengan menciptakan generasi peduli Budaya dibawah asuhannya. Op Raminah Garingging ialah cucu dari Raja Raya mengucapkan selanat atas Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden yang dijadwalkan pada hari ini.

“Selamat atas pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Ir Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin semoga selalu amanah. Kami (Sanggar Rayantara) membuat Tortor Sombah disini untuk merayakan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih,” ucap Op Raminah. (Ded/Tim)

Share

Baca Juga