Potensi PAD Museum Simalungun, Dispar Siantar akan Koordinasi ke Pemkab Simalungun

IMG-20220209-WA0005

Ket. Foto : Komisi I DPRD Kota Siantar Gelar RDP Dengan Dinas Pariwisata Siantar/doc

Salingnews.com – Penatangsiantar | Komisi I DPRD Kota Pematangsiantar menggelar rapat dengar pendapat dengan Dinas Pariwisata di ruang Komisi I, Selasa, (8/2).

DPRD Siantar melalui Komisi I gelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dinas Pariwisata di ruang Komisi I.

RDP dilakukan untuk membahas terkait perjalanan sejarah serta budaya atau kearifan lokal.

Komisi I meminta agar dilakukan pendataan seperti lokasi istana Kerajaan Siantar (Sang Naualuh Damanik), Museum Simalungun, dan tempat lainnya yang memiliki potensi wisata untuk dijadikan sebagai sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Baren Purba yang juga didampingi Tongam Pangaribuan dan Jani Apohan Saragih meminta Pemko agar setiap ada bangunan baru, baik apa pun itu, agar menerapkan lukisan ornamen Simalungun sebagai roh kearifan lokal. Mereka mengatakan jangan hal itu terus menjadi permasalahan seperti bangunan RSUD Djasamen Saragih dulu.

Kusdianto selaku Kepala Dinas Pariwisata Siantar menerangkan, pihaknya akan mencoba berkoordinasi dengan dinas terkait di Pemkab Simalungun menyoal musem tersebut.

Selain itu, pada kesempatan RDP dihadapan Komisi I, Kusdianto juga sudah merencanakan pengembangan budaya dalam bentuk pagelaran seni budaya yang diadakan tiap minggu nantinya. (Tim)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *