Jokowi Lihat isi Stand Pameran Pemko Siantar di Acara INACRAFT Jakarta

Presiden Republik Indonesia, Ir Joko Widodo, Melihat Langsung isi Stand Pameran Pemko Siantar di Acara INACRAFT, Jakarta, Rabu (23/3)/humas

Salingnews.com – Pematangsiantar | Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), pagi tadi resmi membuka The 22nd Jakarta Internasional Handicraft Trade Fair (INACRAFT) di Jakarta, Rabu (23/3).

Pada saat acara seremonial pembukaan, Jokowi dalam kata sambutannya mengajak masyarakat untuk lebih mencintai produk-produk kerajinan dalam negeri.

Usai membuka acara, mantan Wali Kota Solo itu keliling untuk melihat produk kerajinan tangan yang dipamerkan di stand pameran masing-masing daerah.

Ada berkisar 2 ribuan stand pameran yang mengikuti INACRAFT. Jokowi saat hendak berkeliling, stand pameran daerah Kota Pematangsiantar menjadi salah satu stand yang ia singgahi.

Menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi stand Siantar yang hanya seluas 3 x 3 meter itu.

Jokowi yang juga didampingi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yakni Sandiaga Uno memuji keindahan kain ulos karya perajin tenun di Kota Pematangsiantar.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Kota Pematangsiantar H. K. Erizal Ginting yang menyambut Presiden dan Menteri di stand pameran Pemko Pematangsiantar mengucapkan terima kasih dan puji syukur atas kunjungan orang nomor satu di Indonesia ke stand milik Pemko Siantar.

“Alhamdulillah, stand Pemko Pematangsiantar disinggahi presiden dan menteri. Ada haru dan bangga di dada saya sempat berbagi cerita dengan Pak Jokowi bahwa Kota Pematangsiantar itu tidak hanya terkenal dengan kain ulos. Ada banyak perajin lainnya yang hasil karya bisa dijadikan sebagai produk unggulan UMKM. Misalnya, perajin besi, perajin kayu dan aneka kuliner,” ungkap Erizal Ginting via telepon selulernya.

Erizal menambahkan, selain bercerita tentang produk-produk UMKM, ia juga mempromosikan becak BSA sebagai ikon Kota Pematangsiantar kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Mulai dari cerita sejarah singkat becak BSA di Pematangsiantar, keunikannya, hingga jumlahnya yang semakin tergerus oleh waktu.

“Alhamdulillah, Bapak Sandiaga antusias mendengar soal becak BSA. Beliau bilang, akan berusaha mengagendakan waktu untuk melihat sendiri becak BSA yang menjadi ikon Kota Pematangsiantar. Semoga dalam waktu dekat,” tambahnya.

Di akhir pembicaraan, Erizal Ginting juga mengucapkan terima kasih kepada Ibu Gubernur Sumatera Utara, Nawal Edi Rahmayadi, yang telah berbelanja kain ulos di stand Pemko Pematangsiantar.

“Semoga melalui kegiatan ini, industri kreatif di Kota Pematangsiantar bisa terpacu untuk mendorong pergerakan ekonomi dan kesehjateraan,” tutup Erizal Ginting.

Untuk sekadar diketahui, di stand Pemko Pematangsiantar memajang berbagai jenis kain ulos mulai dari Ulos Etnis Simalungun, Etnis Toba, hingga Etnis Karo, hasil karya penenun tradisional.

Penulis : Humas
Editor : Dedi Damanik

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *