Jelang Hari Jadi Ke 151, Plt Wali Kota Siantar Ziarah ke Makam Raja Sang Naualuh

Plt Wali Kota Pematangsiantar dr. Hj. Susanti Dewayani, Sp.A bersama Wakil Bupati Kabupaten Bengkalis H Bagus Santoso Ziarah ke Makam Raja Sang Naualuh Damanik/doc

Salingnews.com – Bengkalis | Rombongan Pemerintah Kota Pematangsiantar disambut hangat Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso, Selasa (19/4).

Menjelang memperingati hari jadi Kota Pematangsiantar ke 151 pada 24 April mendatang, pemko beserta rombongan dari Ihutan Bolon Damanik laksanakan ziarah ke Kabupaten Bengkalis.

Plt Wali Kota Pematangsiantar yakni dr. Hj. Susanti Dewayani Sp.A bersama rombongan awalnya sekira pukul 08.00 WIB berziarah ke makam Raja Sang Naualuh yang kemudian dilanjut menyusuri bekas penjara lama tempat ditahannya Raja Sang Naualuh.

Ditemani Wakil Bupati Bagus Santoso, menerangkan secara singkat semasa ditahannya Sang Naualuh di Bengkalis.

Pada pertemuan tersebut, pihak Pemerintah Kabupaten Bengkalis dihadapan Susanti Dewayani berjanji akan membangun sebuah pendopo, merawat, dan merehabilitasi makam Raja Sang Naualuh.

Selain itu juga, kedua unsur pemerintah daerah tersebut akan bekerjasama mengusulkan Raja Sang Naualuh menjadi Pahlawan Nasional dengan membuat agenda seminar bersama terkait sejarah perjalanan hidup Raja Sang Naualuh.

Informasi yang diterima media ini, pihak Pemko Siantar dan Pemkab Bengkalis akan melanjutkan kegiatan lainnya yang sekaligus menjalin tali silaturahmi.

Hari jadi Kota Pematangsiantar yang juga hari lahirnya Raja Sang Naualuh Damanik menjadi momen penting sejarah yang pernah dicatatkan.

Dulu, sekitar abad ke 18, berdiri sebuah kerajaan di Pematangsiantar dengan dipimpin oleh Raja Sang Naualuh bermarga Damanik.

Pada kepemimpinannya, masyarakat sangat menghormati dan mencintai ketokohan dari Sang Naualuh. Di masa kolonialisme Belanda, Sang Naualuh menolak tunduk dan bersikeras melawan invasi Belanda.

Cikal bakal berdirinya Kota Pematangsiantar adalah tidak lain hasil darah perjuangan Raja Sang Naualuh.

Sehingga, pada setiap memperingati hari jadi Kota Pematangsiantar akan menjadi agenda khusus melaksanakan ziarah ke makam Raja Sang Naualuh.

Penulis : Dedi Damanik
Editor : Dedi Damanik

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *