Himapsi Siantar Gelar Lomba Pidato Memperebutkan Piala Wali Kota

Salingnews.com – Pematangsiantar | Dewan Pengurus Cabang Himpunan Mahasiswa dan Pemuda Simalungun (Dpc Himapsi) Kota Pematangsiantar sukseskan puncak acara Lomba Podato tingkat SMA/SMK sederajat se-Kota Pematangsiantar, Jumat (29/4).

Dengan memperebutkan Piala Plt Wali Kota Pematangsiantar, sebanyak 39 peserta dari sekolah yang berbeda turut mengikuti kompetisi.

Ketua Dpc Himapsi Kota Pematangsiantar, Dedi Wibowo Damanik, kepada media menyebutkan bahwa acara lomba pidato yang diselenggarakan memiliki landasan berpikir sesuai visi dan misi Himapsi.

“Himapsi memiliki visi dan misi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dengan tetap menjaga kebudayaan Simalungun. Himapsi memiliki roh organisasi yakni tentang Budaya Simalungun. Kota Pematangsiantar dulunya memiliki sebuah kerajaan yang dipimpin oleh Raja Sang Naualuh Damanik. Target kita pada acara ini untuk mengedukasi para pelajar, remaja, anak muda millenial, agar tidak sesekali melupakan sejarah yang ada,” ungkap Dedi.

Nico Sinaga selaku perpanjangan tugas untuk menyelenggarakan lomba pidato tersebut mengatakan hal yang sama. Nico mengapresiasi para peserta yang turut berkompetisi dari berbagai sekolah yang tentunya utusan terbaik.

“Para peserta semuanya (39 peserta) sudah sebagai pemenang. Namun, lomba ini bukan hanya sekedar mendapatkan siapa saja yang mendapatkan juara. Kita yakin, lewat kegiatan seperti ini maka kontribusi kita sebagai kader Himapsi untuk berdampak di tengah-tengah masyarakat dapat terimplementasi. Kita mengedukasi kaum muda dan targetnya agar meneladani ketokohan pahlawan Simalungun yakni Raja Sang Naualuh lewat delapan podah (nasehat) yang diberikan beliau,” terangnya.

Acara yang dibuka langsung oleh Plt Wali Kota Pematangsiantar, dr Susanti Dewayani, Sp.A, diwakilkan Sekretaris Daerah, Budi Utari Siregar, menyampaikan bahwa kegiatan lomba pidato tersebut sejalan dengan cita-cita pemko yang sangat ingin menjadikan Raja Sang Naualuh menjadi pahlawan nasional.

“Dalam kesempatan ini, saya mengajak seluruh kader Himapsi dan stakeholder lainnya untuk saling menjaga toleransi di Kota Pematangsiantar. Pada pertemuan ini kami menyampaikan, Himapsi harus menjadi organisasi besar dan bersatu dalam kekompakan serta kebersamaan untuk menjaga dan melestarikan Budaya Simalungun sebagai budaya asli di Kota Pematangsiantar. Yang paling tak kalah penting yaitu Himapsi juga harus bisa memegang teguh dan mengedepankan falsafah Simalungun ‘Sapangambei Manoktok Hitei Ibagas Habonaron Do Bona’ yang bermakna bekerja bersama-sama atau bergotong royong dalam menyelesaikan tugas mulia berdasarkan kebenaran, baik dalam bertutur kata, tindakan, dan pemikiran. Semoga Himapsi dapat berkontribusi dalam pembangunan dan turut mempercepat terwujudnya Pematangsiantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas demi Pematangsiantar bangkit dan maju,” ucap Budi Utari Siregar membacakan pesan dr Susanti Dewayani, Sp.A.

Ditengah kegiatan, Erizal Ginting selaku Dewan Juri mengungkapkan lomba pidato yang digelar tersebut sangat positif. Dirinya juga berharap agar kegiatan lomba pidato masuk dalam kalender rutin untuk menciptakan generasi-generasi yang tak lupa akan sejarah khususnya di Kota Pematangsiantar.

Usai kegiatan lomba pidato yang berlangsung hingga malam hari, Plt Wali Kota Pematangsiantar, dr Susanti Dewayani, Sp.A, dan didampingin Sekda, Budi Utari Siregar, menyempatkan menghadiri acara penutup serta menyerahkan hadiah kejuaraan terhadap pemenang-pemenang lomba.

Berikut Nama-nama Pemenang Lomba Pidato tentang Kepahlawanan Raja Sang Naualuh Damanik :

Juara I : Rachel Imanuel Tambunan ( SMA Sw Budi Mulia)
Juara II : Cintia Agata Sinaga (SMA Sw Bintang Timur)
Juara III : Cintia Manik (SMA N 2)

Harapan I : Laura Anisa Purba (SMA N 6)
Harapan II : Karinda Arasya (MAN)
Harapan III : Sarah Desi Nainggolan (SMA N 6)

Keempat juri yang memberikan penilaian yaitu Erizal Ginting (Sejarawan sekaligus Ketua Dekranasda Siantar), Hisarma Saragih, Esra Eduward Sinaga, dan Yusri Edwin Damanik. (Tim)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *