Pansel Capim BAZNAS Siantar : 10 Nama Dikirim ke BAZNAS RI untuk Dipertimbangkan

Salingnews.com – SIANTAR | Untuk Calon Pimpinan (Capim) Badan Amal Zakat Nasional (BAZNAS) tahun 2022-2027 kini sudah berada pada tahapan kedua.

Awal dibuka pendaftaran oleh Pemerintah Kota Pematangsiantar pada 8 April hingga 16 Juni 2022 lalu, sebanyak 19 peserta mendaftarkan diri mengikuti tes tahapan pertama atau seleksi administrasi.

Dilansir dari Media24jam.com, Plt Wali Kota Pematangsiantar menyatakan bahwa mengundang seluruh warga negara RI untuk mendaftar menjadi pimpinan Baznas yang dimana secara klasifikasi khusus juga disebutkan harus beragama Islam.

“Adapun persyaratan umumnya yaitu WNI dan beragama Islam yang kemudian bertaqwa kepada Allah serta berakhlak mulia. Selain itu, peserta berdomisili di Kota Pematangsiantar yang dibuktikan dengan KTP, pendidikan minimal S1 dan usia minimal 40 tahun, dan lain-lainnya,” ungkapnya.

Alhasil, pada 28 Juni 2022 berdasarkan berita acara Panitia Seleksi (Pansel) bernomor 07/PS. BAZNAS/VI/2022 tentang Penetapan Hasil Seleksi Administrasi Pendaftar Calon Pimpinan Badan Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Pematangsiantar Periode 2022-2027, 19 orang peserta dinyatakan lolos seleksi administrasi yang kemudian masuk ke tahapan selanjutnya. (Dapat juga dilihat pada laman web resmi Pemerintah Kota Pematangsiantar; https:berita.pematangsiantar.go.id)

Berikut 19 Nama-nama Peserta yang Lolos Administrasi Mengikuti Seleksi Bakal Calon Pimpinan Baznas Kota Pematangsiantar :

  1. Abdul Malik, SE
  2. Ahmad Sukri, S.Ag
  3. Armansyah Pasaribu, S.Sos.I
  4. Awal Pinasrun, S.Pd
  5. Dra. Hj. Rayani Purba
  6. Drs. H. Mustafa Kamal Siregar
  7. Drs. Syarwan Lubis
  8. Drs. Suriyatno. MM
  9. H. Faidil Siregar, S.Ag
  10. Ilman Batubara, S.Pd.I
  11. Ir. Cut Hasbullah
  12. Irwansyah Putra, ST
  13. Ja’far Siddik, S.Ag
  14. Meisahri Uga, S.Pd MM
  15. Muslimin Akbar, SH.I MH
  16. Riana Nasution, S.Ag
  17. Salmah Tanjung, S.Pd.I
  18. Syaiful Amin Lubis, ST
  19. Tomirani, SH.I

Pada tahapan ujian kompetensi yang dilaksanakan pada 4 Juli lalu, maka berdasarkan pengumuman pansel pemilihan pimpinan BAZNAS Kota Pematangsiantar bernomor 11/PS.BAZNAS/VII/2022 pada 5 Juli, yang mengumumkan 19 peserta dengan Hasil Ujian Kompetensi Calon Pimpinan BAZNAS Kota Pematangsiantar Periode 2022-2027.

Usai ujian kompetensi, yang kemudian dilakukan tes wawancara pada 7 Juli lalu.

Selanjutnya, berlandaskan Peraturan Pemerintah RI Nomor 14 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat dan Peraturan Badan Amil Zakat Nasional RI Nomor 1 Tahun 2019 tentang Tata Cara Pengangkatan dan Pemberhentian Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten/Kota.

Sehingga berdasarkan hal di atas, Surat Keputusan Panitia Seleksi Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Pematangsiantar Periode 2022-2027 bernomor 14/PS.BAZNAS/VII/2022 tentang Penetapan Calon Pimpinan BAZNAS Kota Pematangsiantar mengumumkan 10 nama yang lulus seleksi uji kompentensi dan wawancara.

Seperti yang disampaikan Sekretaris Panitia Seleksi Calon Pimpinan BAZNAS Kota Pematangsiantar, Hamzah F Damanik menyebutkan dari 10 nama tersebut akan disampaikan ke BAZNAS RI untuk mendapatkan pertimbangan.

“Berdasarkan Peraturan BAZNAS Nomor 1 Tahun 2019. Hasil yang 10 orang akan disampaikan kepada Baznas RI untuk mendapatkan pertimbangan. Jadi, Baznas RI yang menentukan 5 orang pimpinan BAZNAS nantinya. Kemudian disampaikan ke Walikota untuk dilantik,” terangnya saat dikonfirmasi via pesan singkat WhatsApp, Selasa (11/7).

Berikut 10 Nama yang akan Diteruskan ke BAZNAS RI untuk mendapatkan Rekomendasi sebagai Pimpinan BAZNAS Kota Pematangsiantar :

  1. Abdul Malik, SE
  2. Ja’far Siddik, S.Ag
  3. Syaiful Amin Lubis, ST
  4. Muslimin Akbar, SH.I MH
  5. Meisahri Uga, S.Pd MM
  6. Drs. H. Mustafa Kamal Siregar
  7. Ahmad Sukri, S.Ag
  8. Armansyah Pasaribu, S.Sos.I
  9. Awal Pinasrun, S.Pd
  10. Dra. Hj, Rayani Purba

Penulis : Dedi Damanik
Editor : Dedi Damanik

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *