Alumni Lintas Kampus Bentuk AKM Siantar-Simalungun untuk Sosialisasikan Kampus Merdeka

Salingnews.com – SIANTAR | Belasan mahasiswa alumni jebolan program Kampus Merdeka Kemendikbud-ristek dari berbagai kampus seperti USI, UHKBPNP, UNIMED, UMSU, UMA, UNSRAT dan INABA menggelar rapat pembentukan komunitas Alumni Kampus Merdeka (AKM) bergerak lintas universitas yang Mahasiswanya adalah warga asli Siantar-Simalungun. Pertemuan ini diselenggarakan pada Jumat, 15/7 siang, bertempat di Aula Biro Rektor Universitas Simalungun, Pematangsiantar.

Dalam rapat yang dipimpin Vernando Siburian dan Armada Simorangkir dari Universitas Simalungun itu, terpilihlah Ketua Alumni Kampus Merdeka Siantar-Simalungun, Gading S dari Universitas Simalungun didampingi Aldinand Saragih dari Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar sebagai Sekretaris dilengkapi dengan pengurus bidang-bidang.

Setelah terpilih, Gading S menjelaskan bahwa Komunitas Alumni Kampus Merdeka (AKM) ini adalah mahasiswa yang pernah mengikuti 8 program-program kampus merdeka seperti Kampus Mengajar, Pertukaran Mahasiswa Merdeka, MSIB, Pejuang Muda, KMMI dan lainnya serta Mahasiswa yang berdomisili diwilayah Siantar-Simalungun. Ia menjelaskan AKM ini bertujuan guna menggencarkan sosialisasi program-program dan kurikulum kampus merdeka ke berbagai Perguruan Tinggi di Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun.

“Ini saatnya mahasiswa jebolan program Kampus Merdeka dari berbagai kampus berkolaborasi untuk mensosialisasikan kurikulum Kampus Merdeka ke Kampus yang ada di Siantar-Simalungun,” ujar Mahasiswa USI jebolan 3 program Kampus Merdeka ini.

Sementara Sekretaris AKM Siantar-Simalungun, Aldinand Saragih menyebut ada 8 program Kampus Merdeka yang diselenggarakan tiap tahun dan akan semakin banyak peminat. Sehingga, dirasa perlu ada sebuah Komunitas yang bisa bertukar informasi dan kolaborasi. Ia berharap kehadiran AKM ini bisa mempercepat pelaksanaan Kurikulum Kampus Merdeka di setiap Kampus.

“Dalam waktu dekat kita akan menyelenggarakan webinar dengan Panitia Kampus Merdeka Pusat untuk mengenalkan program ini kepada mahasiswa dari berbagai Kampus di Siantar, serta audiensi dengan perguruan tinggi untuk membuat Komunitas Kampus Merdeka di setiap Kampus di Kota Siantar,” ujar Mahasiswa Universitas Nommensen, jebolan Studi Independen satu ini.

Selain itu rapat juga menghasilkan berbagai keputusan seperti melengkapi struktur kepengurusan, membuat program kerja dan dalam waktu dekat akan menghimpun lebih banyak lagi calon anggota yang ingin mengenal lebih jauh lagi program kampus merdeka itu.

“Mahasiswa dari kampus sesiantar dan Simalungun mari bergabung dalam AKM Siantar-Simalungun ini, agar kita bisa semakin mengenal dan antusias mengikuti program serta Kurikulum
Kampus Merdeka dikampus masing-masing,” ujar Gading S didampingi Aldinand.

Peserta rapat yang tergabung dari mahasiswa jebolan Kampus Merdeka dari berbagai Kampus yakni USI, UHKBPNP, UNIMED, UMA, UMSU, UNSRAT dan INABA itu kemudian ditutup dengan santapan snack serta foto bersama antar Alumni Kampus Merdeka dari berbagai Kampus di Sumatera Utara dan Jawa itu. (GS)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *