Harungguan Purba Hadir untuk Pentingnya Kearifan Lokal di Kota Siantar

Pertemuan anggota Harungguan Purba Kota Pematangsiantar di Cafe Polisco/doc

Salingnews.com – SIANTAR | Pasca terbentuk satu pekan yang lalu, kemarin, pattapei sihilap (Panitia) dan anggota Harungguan Purba Kota Siantar kembali menggelar pertemuan di Cafe Polisco, Sabtu (16/07) untuk membahas langkah strategis yang harus dilaksanakan di masa yang akan datang.

Jumlah anggota menghadiri pertemuan terus bertambah bila dibandingkan dengan pertemuan sebelum-sebelumnya. Para anggora yang hadir dari berbagai latar belakang, seperti birokrat, mantan pejabat, jurnalis, tokoh pemuda, politisi, pengusaha dan lainnya.

Pertemuan antar sesama marga purba tersebut berlangsung alot, namun tetap akrab. Berbagai usulan disampaikan disana. Mulai dari hal-hal yang harus dilakukan Harungguan Purba, maupun rencana terdekat untuk melaksanakan Musyawarah Besar (Mubes/Harungguan Bolon) Harungguan Purba.

Mubes Harungguan Purba direncakanan akan dilakukan pada Oktober 2022 mendatang. Pada mubes itu nantinya, akan dipilih dan ditetapkan ketua, sekretaris, bendahara dan pengurus Harungguan Purba. Termasuk periodesai kepengurusan akan ditentukan di mubes pertama tersebut.

Untuk menyukseskan mubes dan pengukuhan pengurus Harungguan Purba, menjadi tugas pattapei sihilap dan segenap anggota. “Kita akan buat pelantikan di Lapangan Haji Adam Malik, selepas harungguan bolon digelar,” ungkap Ketua Pattapei Sihilap Harungguan Purba, Gidion Purba.

Gidion Purba yang juga mantan Sekda Simalungun ini mengatakan, untuk memeriahkan pelantikan dan terpenting sebagai wujud kepedulian Harungguan Purba terhadap Kota Siantar, akan digelar sejumlah lomba bernuansa kearifan lokal.

Sementara, langkah strategis Harungguan Purba selain mubes dan pengukuhan sebagai hal terdekat yang harus, pada rapat (pertemuan) kemarin, Sekretaris Pattapei Sihilap Rohdian Purba menyampaikan peran Harungguan Purba dalam membangun Kota Siantar.

“Harungguan Purba hadir untuk membangun Kota Pematangsiantar sekarang dan kedepanya,” ujar Rohdian Purba.

Sementara D Purba sepakat, agar Harungguan Purba bergerak salah satunya tentang pentingnya kearifan lokal di Kota Siantar. Dimana “Hasimalungunon” harus nyata terwujud di kehidupan sosial masyarakat.

Kemudian, dalam waktu dekat ini, Patappei Sihilap berencana untuk bersilaturahmi dengan pemimpin Kota Siantar. “Audensi akan kita lakukan,” ucap Gidion Purba. (GP/red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *