Pelantikan PAC PMS Siantar-Simalungun, Berikut Usulan Kepada Pemerintah Daerah

Salingnews.com – Pematangsiantar | Pelantikan Pengurus Anak Cabang (PAC) Partuha Maujana Simalungun (PMS) se Kabupaten Simalungun – Kota Pematang Siantar sukses digelar yang bertempat di Auditorium Universitas Simalungun, Pematang Siantar, Kamis (11/8).

Ada sebanyak 30 PAC kurang lebih yang dilakukan pelantikan serentak se Siantar-Simalungun. Pelantikan dilakukan oleh masing-masing Ketua Cabang PMS Siantar dan Simalungun.

Pelantikan tersebut diharapkan dapat mempertahankan serta menjaga Budaya dan Adat Istiadat Suku Simalungun untuk dapat diteruskan ke generasi di masa yang akan datang.

Tokoh-tokoh Simalungun yang hadir seperti Baren Alijoyo Purba (DPRD Siantar), Samrin Girsang (DPRD Simalungun), Mangapul Purba (DPRD Provsu), berharap pelantikan PAC PMS se-Kabupaten Simalungun dan Kota Pematang Siantar yang dilaksanakan hari ini mengharapkan hal yang sama saat memberikan kata sambutan.

Ketua Presedium Partuha Maujana Simalungun, Marsiaman Saragih di hadapan para pengurus tingkat cabang hingga anak cabang mengatakan akan banyak tugas-tugas untuk dikerjakan ke depannya.

“Di dalam PMS ini, sudah pasti adalah orang-orang yang mengetahui adat istiadat serta kaum cendikiawan. Setelah ini, tugas kita adalah terkhusus kepada pengurus PMS Cabang, berikut juga dengan PAC-nya untuk mendorong Pemerintahan Kota Siantar dan Kabupaten Simalungun merevisi Peraturan Daerah yang berkaitan dengan Budaya Simalungun,” tegasnya.

Dilanjut Marsiaman, pentingnya menjaga keaslian atas kearifan lokal agar tidak terkikis dan kemudian hilang. Hal tersebut menjadi tugas bersama.

Masih di tempat yang sama, seperti tertuang dalam pokok-pokok pikiran PMS yang dibacakan oleh Sekretaris Jenderal dr Jhon Ryder Purba, mengharapkan adanya satu kesatuan Suku Simalungun di mana pun berada untuk membangun SDM dan membangun tanah ‘Habonaron Do Bona’.

Kemudian, PMS mengusulkan kepada Pemerintah Kota Pematang Siantar untuk segera membangun monumen Raja Sang Naualuh Damanik di lokasi segitiga depan taman makam pahlawan.

Selanjutnya, PMS mengusulkan kepada Pemerintah Kabupaten Simalungun agar lebih serius memperhatikan dan memajukan pendidikan di Simalungun serta memaksimalkan pembangunan infrastruktur.

Yang berikutnya, PMS mengusulkan kepada Pemerintah Kabupaten Simalungun dan Kota Pematang Siantar untuk mengutamakan nama-nama pahlawan dan tokoh Simalungun sebagai pengenalan nama jalan.

PMS juga mengusulkan agar Pemerintah Kabupaten Simalungun dan Kota Pematang Siantar untuk memberikan kesempatan menduduki posisi strategis di BUMD, instansi pemerintah, maupun swasta.

Turut hadir atlet MMA Jeka Saragih, Delpin Barus (DPRD Provsu), Dpp Himapsi, Dpc Himapsi Siantar dan Simalungun, Dpc PP Simalungun.

Penulis : Dedi Damanik
Editor : Dedi Damanik

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *