Keakraban Maestro Pegiat Seni Simalungun dengan Wali Kota Siantar Susanti

Salingnews.com – SIANTAR | Icon tokoh sekaligus Sang Maestro yang dimiliki Sanggar Rayantara, Raminah Garingging, bersenda gurau saat audiensi dengan Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA, Selasa (13/9/2022) siang.

Wanita penggiat seni yang sudah berumur 88 Tahun itu, berkeinginan mengadakan kegiatan Pagelaran Seni Budaya dan Tari Tradisional Simalungun di Kota Pematang Siantar dalam rangka yang sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun dirinya tersebut.

Teks Foto : Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA (kiri) menerima Cinderamata Pakaian Kaos dari Sang Maestro Sanggar Rayantara Raminah Garingging (kanan)/prokopim

Didampingi pengurus Sanggar Rayantara, Sultan Saragih dan Hasudungan Purba, pihaknya menyampaikan untuk dapat berkolaborasi dengan Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar guna mengadakan Pagelaran Seni Budaya dan Tari Tradisional Simalungun.

Atas dasar pemikiran minimnya aktivitas Kebudayaan Tradisional Simalungun yang sudah mulai tergerus zaman, pihaknya memiliki tekad untuk tetap konsisten melestarikannya.

“Pelestarian Seni dan Kebudayaan Simalungun harus dilestarikan bersama-sama, agar adat dan istiadat tidak menghilang begitu saja dikarenakan perkembangan zaman,” ungkap Sultan.

Susanti pun mengapresi para pegiat seni dan budaya terutama tarian Simalungun. Menurutnya, sinergi dan kolaborasi menjadi kewajiban yang harus dilakukan dalam merangkul semua kalangan di Kota Pematang Siantar.

“Kami akan selalu mendukung kegiatan para pegiat seni, terutama seni tari Simalungun. Saya sangat mengapresiasi Sanggar Rayantara yang akan melaksanakan pagelaran seni dan budaya dalam waktu dekat. Maka dari itu, sinergi dan kolaborasi ini menjadi kewajiban yang harus dilakukan dalam merangkul semua kalangan di Kota Pematang Siantar,” ucap Susanti, dikutip dari portal berita resmi milik Pemerintah Kota Pematang Siantar.

Susanti pun menyampaikan doa agar segala persiapan untuk kegiatan pagelaran tersebut berjalan lancar.

“Pemerintah Kota Pematang Siantar akan terus mendukung,” lanjutnya.

Disela-sela beraudiensi dengan Susanti, Raminah memberikan sebuah cinderamata kaos dengan cetakan sablon gambar dirinya.

Dalam audiensi itu, turut hadir Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdako Pematang Siantar Suherman Ssosl.

Penulis/Sumber : Prokopim Siantar
Editor : Dedi Damanik

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *