Menjawab Persoalan Pupuk di Simalungun, Korps Senior Himapsi akan Gelar Pelatihan

Salingnews.com – SIMALUNGUN | DPP Korps Senior Himapsi berencana akan menggelar kegiatan pelatihan pembuatan pupuk organik dan penyuluhan pengendalian hama terpadu di Nagori Simbolon Tengkoh, Kecamatan Panombeian Panei, Kabupaten Simalungun, pada 24 September mendatang.

Kepada media, perencanaan kegiatan tersebut disampaikan Ketua Umum DPP Korps Senior, Dr Parlindungan Purba SH MM, melalui Direktur Bidang Pendidikan, Pelatihan dan Pengabdian Masyarakat, Drs Dameanto Purba MSi, yang didampingi Ketua Pelaksana yakni Jinsono Purba SP.

Dameanto menjelaskan, adapun dasar pemikiran kegiatan tersebut mengingat kondisi harga pupuk non organik yang kini melambung tinggi, telah membuat petani-petani di Kabupaten Simalungun kewalahan dan mengalami kerugian dalam usaha pertanian. Begitu juga dengan harga pestisida yang sudah tak terjangkau para petani.

Dengan demikian, Korps Senior Himapsi ingin memberikan solusi kepada petani dengan cara melakukan pelatihan pembuatan pupuk organik dan penyuluhan pengendalian hama.

“Kegiatan ini akan dilaksanakan secara rutin setiap bulan melalui Pokja (kelompok Kerja) yang dipimpin oleh Jinsono Purba melalui kemitraan sesama stockholder penggiat pertanian,” terang Dameanto.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, diharapkan dapat menjadi solusi atas keluhan-keluhan para petani di Simalungun.

Program ini juga diharapkan dapat memberikan problem solver bagi masyarakat dan perwujudan komitmen mendukung kebijakan pemerintah “marharoan bolon” membangun Simalungun, dan dapat melahirkan calon penggerak petani organik serta penggerak pengusaha tani menuju rakyat sejahtera.

“Semoga kegiatan ini juga dapat menggugah kreativitas petani dan dapat lebih semangat serta terbuka dengan perkembangan jaman,” tuturnya.

Jinsono menambahkan, kegiatan nantinya dibuka langsung oleh Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga dan dihadiri Wakil Bupati Zonni Waldi, Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani, Ketua Umum Korps Himapsi Parlindungan Purba. Yang menjadi peserta nantinya berasal dari kelompok-kelompok tani yang ada di Simalungun.

“Adapun yang akan menjadi narasumber pada acara itu antara lain: Wakil Bupati Bapak Zonny Waldi, bapak Joni Akim Purba Kabid Sarpras Dinas Pertanian Provsu, Bapak Robert Pangaribuan Kadis Hanpang Simalungun dan Jinsono Purba selaku ahli dan pegiat pertanian,” pungkas Ketua Pelaksana kegiatan itu. (Jos/Red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *