SALING Gelar Lomba Lintas Wisata Alam Tingkat Pelajar se Sumut

Salingnews.com – Simalungun | Lomba Lintas Wisata Alam (LLWA) Tahun 2022 yang diselenggarakan NGO Sahabat Lingkungan (SaLing) di Taman Tanduk Benua, Kecamatan Silimahuta, Kabupaten Simalungun.

Kegiatan yang melibatkan hingga 800 lebih siswa/i SMA/SMK sederajat se Sumatera Utara itu berlangsung selama tiga hari berturut-turut, Kamis-Sabtu (27-29/10/2022).

Hari pertama, di Kamis sore, LLWA dibuka resmi secara seksama dari perwakilan Cabang Dinas Pendidikan Siantar Provinsi Sumatera Utara dan Direktur Eksekutif SaLing ditandai dengan membunyikan alam musik tradisional (gonrang).

Menurut laporan Ketua Panitia penyelenggara, Ahmad SH, sejak Kamis (27/10) subuh, peserta sudah hadir. Hingga menunggu sore, para peserta dari setiap kabupaten/kota di Sumut semakin ramai melakukan registrasi ulang.

800 Lebih Peserta LLWA SALING Menerima Arahan dari Panitia/doc

“Sejak kita buka pendaftaran untuk LLWA ini, para siswa kabupaten/kota di Sumut begitu antusias. Mengingat, usai pandemi yang melanda, kompetensi pembelajaran mereka kebanyakan via online,” ucap Ahmad.

Menurutnya lagi, para siswa/i perlu untuk mengeksplorasi ilmu sambil bermain ataupun bersantai di alam. Sehingga dasar pemikiran kegiatan LLWA ini, tidak hanya berfokus pada kompetisi, melainkan menyampaikan edukasi penting tentang menjaga kelestarian alam dan melek terhadap pariwisata.

Di lokasi yang sama, Direktur Eksekutif Lingkungan, Nico Nathanael Sinaga SH, menekankan bahwa kegiatan tersebut bukan semata-mata fokus pada kompetensi. Namun, bagaimana para siswa/i mampu menyerap inti dari kegiatan yaitu Kekompakan, Kedisiplinan, Kerapian, dan Berkreasi.

“Sejak awal, kita sampaikan kepada para peserta. Bahwa secara keseluruhan harus mandiri. Penilaiannya itu membiarkan para peserta agar mandiri dengan tetap dipantau oleh tim penilai dari panitia,” terangnya.

Pantauan hari pertama, para peserta mendirikan tenda di satu lokasi.

Penulis : Dedi Damanik
Editor : Dedi Damanik

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *