Event SMK Bintang Timur Cup 2023, Parlindungan Purba : Menggali Potensi Kreatifitas Anak Sejak Dini

Suster Yayasan, Suster Kepala Sekolah, dan Guru-guru SMK Bintang Timur Kota Pematang Siantar foto bersama dengan Tokoh Masyarakat Sumut Parlindungan Purba usai acara penutupan event selesai, Sabtu (11/3)/dok

Salingnews.com – SIANTAR | Event besar SMK Bintang Timur Cup 2023 gali potensi tiap peserta SMP se Siantar-Simalungun.

Setelah wabah Covid-19 yang turut meluluh-lantakkan sosial kehidupan masyarakat selama dua tahun lamanya. Tatanan di tengah-tengah masyarakat pun dalam bertatap muka (interaksi sosial) hampir tak bisa dilakukan akibat ketakutan terhadap Covid-19 yang lalu.

Seperti yang disampaikan Ketua Panitia, Yansen Sitanggang kepada media mengatakan bahwa event SMK Bintang Timur Cup 2023 memiliki dasar pemikiran untuk menjalin tali silaturahmi dan menggali potensi siswa/i khususnya di Siantar-Simalungun.

“Covid-19 kemarin cukup lama membuat para siswa/i tidak dapat berkomunikasi secara verbal dengan sesama mereka dan guru. Event ini pun demikian, di tahun-tahun sebelumnya, kegiatan seperti ini sangat rutin dilakukan. Akibat dari adanya Covid-19, sisi kreatifitas siswa/i pun terpendam. Sehingga dengan adanya SMK Bintang Timur Cup 2023 ini dapat menjalin tali silaturahmi dan menggali potensi-potensi siswa/i khususnya di tingkat SMP se Siantar-Simalungun,” terangnya kepada media usai event berakhir, Sabtu (11/3).

Perhelatan event SMK Bintang Timur Cup 2023 dimulai sejak awal 1 Maret hingga dipenutupan acara pada hari ini 11 Maret, di Jalan Sipahutar (Melanthon Siregar), Kota Pematang Siantar.

Kategori yang dipertandingkan pun cukup beragam meliputi Traditional Dance, Fashion Show, Modern Dance, Futsal, dan Word Speed Typing.

Pada kesempatan tersebut, Tokoh Masyarakat Sumut, Dr Parlindungan Purba menyampaikan pesannya dihadapan para hadirin, bahwa kegiatan seperti ini sangat baik dilakukan kepada para siswa/i yang tujuannya menjalin tali persaudaraan dan mencari potensi.

“Dari kegiatan inilah nantinya, bagi siswa/i yang memenangkan pertandingan, semoga dapat bertanding ke tingkat yang lebih tinggi lagi. Terima kasih kepada Yayasan, Suster Kepala Sekolah, dan Guru-guru yang sudah mengundang saya. Semoga kita semua dalam keadaan sehat dan semoga juga kegiatan ini berlangsung setiap tahunnya,” ucapnya.

Usai disuguhkan penampilan demi penampilan dari para peserta Fashion Show yang memenangkan pertandingan, Parlindungan Purba turut menyematkan selempang serta memberikan piala kepada para jawara.

Juara Pertama untuk kategori Fashion Show dimenangkan dari SMP N 1 Kota Pematang Siantar, kemudian diikuti SMP sw Sultan Agung, selanjutnya SMP Bintang Timur dan untuk Harapan jatuh kepada SMP Bintang Timur.

Untuk Juara Pertama dengan kategori Tari Tradisional (Traditional Dance) dimenangkan oleh SMP N 1 Dolok Pardamean yang diikuti lagi oleh SMP N 8 Pematang Siantar, untuk juara selanjutnya dimenangkan oleh SMP N 2 Dolok Pardamean, dan untuk Harapan didapatkan SMP sw Budi Mulia.

Kemudian untuk kategori Modern Dance, Juara Pertama dimenangkan oleh SMP sw Sultan Agung Siantar, diikuti SMP sw Methodist Siantar, selanjutnya SMP sw Kalam Kudus Siantar, dan untuk Harapan dimenangkan SMP Cinta Rakyat 1 Siantar.

Selanjutnya, pemenang untuk kategori pertandingan Futsal, Juara Pertama dimenangkan oleh SMP sw Budi Mulia, kemudian diikuti SMP sw Taman Asuhan, kemudian diikuti SMP N 1 Jorlang Hataran Simalungun, dan Harapan dimenangkan oleh SMP sw Bintang Timur.

Penulis : Dedi Damanik
Editor : Dedi Damanik

Mungkin Anda Menyukai