Hasil Audit Pembangunan Tugu Sangnaualuh Mandek, Himapsi Siantar Surati Kepala BPKP Sumut

SIANTAR- Himapsi Kota Pemangsiantar melayangkan surat kepada Kepala BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan) Perwakilan Sumatera Utara, Kamis (4/2/2021).

Surat tersebut mengingat data hasil audit pembangunan tugu Sangnaualuh Damanik masih mengendap di BPKP Sumut, yang akhirnya berdampak pada mandeknya proses penyelidikan kasus dugaan tindak pidana korupsi yang sedang ditangani oleh Polresta Pematangsiantar.

Hal itu disampaikan Ketua Himapsi Siantar, Jonli Simarmata, saat dihubungi wartawan pada hari Jumat, 5 Februari 2021, sekira pukul 16.00 WIB.

“Suratnya sudah kami sampaikan langsung kekantor BPKP Sumut, di Jalan Gatot Subroto Medan,” ujar Jonli, dari seberang telefon.

Dia menjelaskan, surat tersebut merupakan tindaklanjut dari surat Kasat Reskrim Polresta Pematangsiantar kepada Himapsi yang menyatakan bahwa sampai saat ini Penyidik Tipikor Polresta Pematangsiantar masih menunggu data hasil audit dari BPKP perwakilan Sumatera Utara.

“Informasi dari Kasat Reskrim, tim auditor BPKP telah melakukan audit pada bulan Juli tahun 2020 lalu. Namun hingga kini BPKP belum mengirim hasil audit ke Polres,” tuturnya.

Dengan demikian, lanjutnya, Himapsi berkirim surat meminta agar Kepala BPKP memberikan klarifikasi apa yang menjadi kendala kenapa data hasil audit tersebut tidak segera diberikan ke Polres Pematangsiantar.

“Kami juga turut meminta data hasil audit kepada BPKP, karena data tersebut merupakan informasi publik. Kami ingin kasus ini ditangani secara terbuka, karena menyangkut kepentingan orang banyak, terutama orang Simalungun,” pungkas Jonli Simarmata. (Nico)

Share

Baca Juga