INI Rekomendasi Hasil Mubes Himapsi Tahun 2024

Dian G Purba Tambak dan Jheny Yusuf Saragih saat Terpilih menjadi Ketum dan Sekjend Himapsi Periode 2024-2027/doc

Jakarta, Musyawarah Besar Himpunan Mahasiswa dan Pemuda Simalungun (Mubes Himapsi) 2024 di Gedung B DPD RI menghasilkan beberapa rekomendasi yang turut menjadi bagian tidak terpisahkan selama berjalannya persidangan selama tiga hari berturut-turut dimulai pada 31 Mei – 2 Juni 2024.

Selain telah terpilihnya Ketua Umum Dian G Purba Tambak MSi dan Sekjend Himapsi Jheny Y Saragih MPd Periode 2024-2027 beserta personil kepengurusan tingkat di bawahnya, pada Mubes itu pun bersepakat untuk memperhatikan langkah-langkah yang harus segera ditindaklanjuti secara bersama.

Mubes Himapsi menghasilkan rekomendasi yang pertama yaitu mendukung penuh pembangunan monumen Raja Siantar ke XIV Sang Naualuh Damanik di Kota Pematang Siantar.

Proses pembangunan monumen Raja Siantar ke XIV ini, sejak tahun 2011 telah menjadi bagian proses perjuangan Himapsi yang menginginkan agar Kota Siantar tentunya memiliki identitas secara historis.

Di era pemerintahan dr Susanti Dewayani SpA, monumen ini telah dianggarkan sebesar Rp 5 Milliar dengan nomenklatur hibah ke Yayasan Sang Naualuh Damanik serta memiliki target penyelesaian pembangunan jatuh pada 24 April 2025 mendatang.

Selain itu, rekomendasi yang kedua yaitu mendukung penuh pembangunan Rumah Bolon Kerajaan Purba yang beberapa tahun belakangan melihat kondisi rumah bolon tersebut cukup memprihatinkan.

Tak hanya itu, rekomendasi lainnya yaitu mencakup pada percepatan Jalan Tol Sinaksak-Medan agar segera diselesaikan dan beroperasi sebagaimana dengan jalan tol di daerah lainnya. Mengingat jalan tol ini menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan progres pembangunan setiap sektor di Siantar-Simalungun.

Hutan di Kabupaten Simalungun pun turut menjadi rekomendasi Mubes Himapsi 2024 agar tidak sembarangan melakukan penebangan serta pembalakan liar yang dapat merusak keberlangsungan hidup di dalamnya.

Pariwisata Strategis Nasional Danau Toba menjadi prioritas pemerintah pusat untuk meningkatkan kelasnya ke tingkat internasional. Hal ini turut menjadi perhatian rekomendasi mubes agar membuka pariwisata alternatif Tigaras-Sipolha.

Rekomendasi berikutnya, meminta kepada Pemerintahan Kabupaten Simalungun agar segera membentuk Peraturan Daerah (Perda) tentang wajib menanam pohon bagi pengantin.

Kemudian, meminta percepatan perbaikan jalan yang berstatus milik Provinsi Sumut yang ada di Kabupaten Simalungun.

Selanjutnya, meminta agar kebun teh milik PTPN IV di Sidamanik untuk mempertahankannya menjadi agrowisata serta menolak dikonversi.

Meminta Pemerintahan Kabupaten Simalungun agar segera membentuk Perda tentang Muatan Lokal di pendidikan sekolah.

Kemudian, meminta pemerintah menambah kuota beasiswa KIP dan PIP serta meninjau secara langsung realisasi beasiswa tersebut agar tidak terjadi kesenjangan.

Pada kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 yang akan datang, rekomendasi hasil Mubes Himapsi mendukung Pilkada Damai di Sumatera Utara.

Penulis : Dedi Damanik
Editor : Dedi Damanik

Mungkin Anda Menyukai