Jelang Nataru, Kapolres Simalungun Jadikan Tol Sinaksak-Dolok Marawan sebagai Jalur Alternatif

Kapolres Simalungun, AKBP Ronald FC Sipayung SH SIK MH, saat menjelaskan Simulasi Ops Lilin Toba 2022/doc

Salingnews.com – SIMALUNGUN | Gerak cepat Kapolres Simalungun, AKBP Ronald FC Sipayung, bersama jajaran untuk mengamankan Perayaan Natal Tahun 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) berlakukan Tol Sinaksak – Dolok Marawan sebagai jalur alternatif selama pelaksanaan Operasi Lilin Toba 2022.

Informasi tersebut disampaikan oleh Kapolres Ronald saat melaksanakan kegiatan Simulasi dan Gladi Ops Lilin Toba 2022 di pintu Tol Sinaksak-Dolok Marawan, Jalan Raya Lintas Sumatera, Sinaksak Kecamatan Tapian Dolok Kabupaten Simalungun, Sabtu (17/12).

Dijelaskan Kapolres Ronald, kegiatan Simulasi dan Gladi Ops Lilin Toba 2022 guna mengetahui hal-hal yang terburuk selama pelaksanaan Operasi Lilin Toba 2022, sehingga dapat mengantisipasi dan mencari solusi demi terciptanya situasi wilayah hukum yang aman dan kondusif menjelang perayaan Nataru.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan menggelar Tactical Floor Game (TFG) guna mengetahui titik-titik yang dianggap rawan. Dalam TFG ini, Kapolres Ronald menjelaskan beberapa hal teknis terkait pengamanan yang akan dilakukan saat Pelaksanaan Operasi Lilin Toba 2022.

“Tujuan TFG ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai situasi, cara bertindak maupun untuk mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas saat Pelaksanaan Operasi Lilin Toba 2022 di Wilayah Kabupaten Simalungun,” terangnya.

Kapolres dalam arahannya menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan untuk menyamakan persepsi, gerak tindak saat di lapangan seperti apa pola pengamanan yang harus diterapkan, kemudian mengingatkan dalam pelaksanaan tugas agar tidak under estimate.

Kegiatan pengecekan dimulai dari pengecekan jalur lintas Siantar-Medan pintu masuk wilayah hukum Polres Simalungun. Simulasi dan Gladi Ops Lilin Toba 2022 menentukan titik kerawanan kemacetan arus lalulintas dengan melakukan rekayasa lalulintas mengalihkan kendaraan yang datang dari arah Pematang Siantar menuju Tebing Tinggi melalui ruas Jalan Tol Sinaksak-Dolok Marawan.

Kemudian, pengecekan pendirian Pos Pam Ops Lilin di Jalinsum Siantar-Parapat, Desa Jorlang Hataran, dan dilanjutkan dengan pengecekan lokasi longsor yang memakan badan jalan di Jalinsum Siantar-Parapat, Dolok Parmonangan, Kecamatan Dolok Panribuan, Kabupaten Simalungun.

Rencana selanjutnya akan didirikan Pos Pam Ops Lilin Toba 2022 Polres Simalungun dengan penerapan rekayasa arus lalu lintas kendaraan yang melintas sistem buka tutup, serta mengambil sedikit beram jalan untuk tetap dapat melintas kendaraan pribadi selain truk yang berukuran besar.

Pengecekan lokasi rencana didirikan Pos Pam Simpang Palang, Jalur Lintas Siantar-Parapat, Dolok Parmonangan, Kecamatan Dolok Panribuan, Kabupaten Simalungun.

Simulasi dan Gladi Ops Lilin Toba 2022 menentukan titik kerawanan kemacetan arus lalulintas serta kerawanan bencana alam, seperti tanah longsor ataupun pohon tumbang.

Pola rekayasa arus lalu lintas mengalihkan kendaraan dari arah Siantar menuju Kabupaten Toba memasuki Jalur Lingkar Luar Parapat melalui Simpang Palang, dan dari arah sebaliknya diberlakukan rekayasa arus lalu lintas satu arah menuju Kota Pematang Siantar. (Hum/Red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *