Ketua AUMKM Siantar Minta Mendagri Segera Lantik PASTI di Akhir Tahun 2021

IMG-20211214-WA0009

Foto : Ketua AUMKM Wilayah Kota Pematangsiantar, Fitra SP/doc

Salingnews.com – Pematangsiantar | Hampir setahun, Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pematangsiantar terpilih Almarhum Asner Silalahi-dr Susanti Dewayani tak kunjung juga dilantik usai ditetapkan sebagai pemenang pada kontestasi pesta demokrasi lalu.

Daerah Kota Pematangsiantar masuk dalam mengikuti kontestasi pesta demokrasi pada Desember 2020 yang lalu dengan memenangkan pasangan Asner-Susanti.

Namun, usai pilkada terlaksana dengan menghabiskan anggaran sebanyak miliaran rupiah itu, belum menunjukkan sinyal positif untuk melakukan pelantikan terhadap pemenang pilkada.

Akibat dari belum dilantiknya pasangan Asner-Susanti, masyarakat Siantar dinilai menunggu terlalu lama tanpa ada kejelasan yang pasti. Sehingga menimbulkan pertanyaan-pertanyaan negatif serta stigma buruk terhadap lembaga negara terkait.

Seperti halnya Ketua Asosiasi Usaha Mikro Kecil Menengah (AUMKM) wilayah Kota Pematangsiantar yang diketuai Fitra SP, pihaknya meminta kepada Mendagri agar segera melakukan pelantikan kepada pemenang Pilkada serentak Desember 2020 yaitu pasangan PASTI (Pasangan Asner-Susanti) di akhir tahun 2021 ini.

Dirinya menilai, bila tidak ada pelantikan sampai akhir tahun 2021 ini sangat merugikan masyarakat siantar.

“Jelas, bila tak ada pelantikan hingga akhir tahun 2021, hal ini sangat merugikan masyarakat. Bagaimana tidak, anggaran untuk operasional Pilkada tahun 2020 lalu sebesar 32 miliar lebih terbuang percuma. Selanjutnya, masyarakat yang memilih pasangan Asner-Susanti yaitu lebih kurang 87.000 jiwa merasa kecewa. Padahal, Pilkada Desember 2020 dalam kondisi pandemi Covid-19 terpaksa berbondong-bondong ke TPS-TPS untuk menyoblos,” ungkapnya, Selasa malam, (14/12/2021).

Ia menambahkan, menurutnya di sisi lain, telah terganggu roda pemerintahan Kota Pematangsiantar. Karena, sebagian masyarakat Siantar menginginkan adanya perubahan khususnya kepada para pelaku-pelaku UMKM yang telah banyak gulung tikar atau mati suri akibat pandemi Covid-19.

“Saya Fitra SP selaku Ketua AUMKM, kordinator wilayah Kota Pematangsiantar, sangat berharap sekali kepada Bapak Mendagri Tito Karnavian yang terhormat segeralah melakukan pelantikan sebelum akhir tahun ini,” pinta Fitra yang juga seorang tokoh pemuda.

Diketahui, sebelumnya beberapa organisasi dan elemen masyarakat, akan segera menemui Presiden Republik Indonesia, Ir Joko Widodo, untuk meminta mengambil alih pelantikan terhadap pasangan Alm Asner-Susanti.

Penulis : Dedi Damanik
Editor : Dedi Damanik

Mungkin Anda Menyukai