Pemakaian Pupuk Organik adalah Trend Masa Mendatang

Ket. Foto : Tokoh Masyarakat Sumut Dr Parlindungan Purba (kanan) bersama Menko Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto/dok

Salingnews.com – JAKARTA | Pameran produk unggulan hasil pertanian, makanan, dan minuman olahan, teknologi Agrofood Expo bersama FoodDrink Expo, dan Ketahanan Pangan Indonesia Expo digelar sejak Kamis 10 Agustus hingga empat hari ke depan, di Hall A JIEXPO Kemayoran Jakarta.

Kegiatan tersebut menghadirkan sekitar 100 pelaku usaha di sektor agribisnis, agro industri, BUMN, swasta, pemerintahan daerah dan sejumlah asosiasi perhimpunan organisasi terkait dan dibuka secara langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Tokoh masyarakat Sumut Dr Parlindungan Purba yang turut hadir pada acara tersebut menyampaikan kepada media ini bahwa pemerintah telah mengalokasikan dana subsidi sebesar 1,2 triliun rupiah yang peruntukannya penggunaan pupuk organik.

Dr Parlindungan Purba mengapresiasi langkah pemerintah atas bentuk perhatiannya kepada pelaku pertanian. Sebab menurutnya, selama ini masyarakat lebih banyak menggunakan pupuk kimia dibanding pupuk organik.

“Semoga nantinya masyarakat termotivasi untuk menggunakan pupuk organik,” ujarnya, Jumat (11/8) sore via pesan singkat WhatsApp.

Disamping masalah tingginya angka konversi lahan pertanian berkisar 100.000 Ha/tahun menjadi penggunaan lain seperti perumahan dan perindustrian, juga penggunaan teknologi digital yang harus terus dikembangkan, mengakibatkan berkurangnya minat generasi milenial untuk menjadi petani.

“Selain itu, masalah sarana prasarana seperti alat pertanian, irigasi, dan rantai perdagangan, harus menjadi perhatian. Hal ini menjadi pemikiran bila kita ingin maju di bidang pertanian dan sumut punya peluang menjadi lumbung pangan,” kata Parlindungan Purba.

Penulis : Dedi Damanik
Editor : Dedi Damanik

Mungkin Anda Menyukai