Perantau Sukses dan Kini Bacaleg DPR RI Dapil Sumut III, Siapa Dia?

Ket. Foto : Budiman Damanik (tengah) saat berbincang dengan anggota Dewan Pertimbangan Presiden yakni Wiranto saat usai pertemuan dengan Prabowo Subianto Ketum Partai Gerindra di Hambalang/dok

Salingnews.com – SIANTAR | Bursa bakal calon legislatif DPR RI Dapil Sumut III kian ramai diperbincangkan. Mulai dari perbincangan di warung kopi hingga tempat-tempat khalayak ramai berkumpul.

Kali ini sosok tokoh masyarakat bernama Budiman Damanik yang sukses di perantauan dan memiliki sejumlah perusahaan tersebar di berbagai daerah di Indonesia mulai uji nyali.

Budiman Damanik yang karib disapa Ucok Damanik ini, mulai menunjukkan keseriusannya bergelut di dunia politik. Hal itu terlihat saat dirinya mencalonkan dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Budiman Damanik memiliki seorang istri bernama Hermin Lastiar Purba dengan dikaruniai anak 4 orang.

Budiman kini tinggal di Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat. Namun, semasa kecilnya, sejak dari SD hingga tamat SMA ia bersekolah di Kabupaten Simalungun. Ia pun tinggal bersama orang tua diseputaran Kecamatan Sidamanik.

Kontestasi Pemilihan Umum (Pemilu) tahun mendatang, Budiman Damanik berkeinginan bertarung lewat jalur partai politik untuk dapat duduk di Senayan, Jakarta.

Keinginannya itu disampaikan kepada awak media yang dimana menurut Budiman sudah saatnya kembali ke kampung halaman yaitu Sumatera Utara. Niatnya kembali pun disambut baik sebagian besar masyarakat Sumatera Utara.

Budiman sendiri punya motivasi terkait pencalegan dari Partai Gerindra.

“Melihat ada ruang perbaikan yang masih perlu dan dibutuhkan untuk Sumatera Utara yang memiliki nilai kompetitif terhadap daerah lain melalui kontrol kebijakan daerah,” ucapnya via pesan WhatsApp, Sore (17/5).

Saat ditanya terkait target ketika dirinya nanti memenangkan kontestasi Pemilu di tahun mendatang, ia berkeinginan memperbaiki sistem tata kelola pemerintahan.

“Iya, target memperbaiki sistem tata kelola pemerintahan di Sumut khususnya di Kabupaten/Kota Dapil III,” imbuhnya.

Budiman Damanik ini juga memiliki riwayat organisasi sejak menjadi Mahasiswa. Terakhir, ia dinobatkan sebagai Dewan Pertimbangan di organisasi Mahasiswa Islam Indonesia (HMI) Ciputat pada 2019 lalu.

Di organisasi kemasyarakatan, ia adalah pendiri organisasi Masyarakat Batak Bersatu di tahun 2018.

Kemudian, untuk riwayat organisasi pekerjaan, Budiman adalah anggota Asosiasi Pengusaha dan Biji Besi Indonesia (APB3I), Asosiasi Penambang Nikel Indonesia (APNI), dan Asosiasi Penambang Mineral Indonesia (APEMINDO).

Penulis : Dedi Damanik
Editor : Dedi Damanik

Mungkin Anda Menyukai