Selamat! SMP N 1 Dolok Pardamean Juara Pertama Lomba Tari Tradisional di SMK BT Cup 2023

Rinsad Simanjuntak, S.Pd, M.Si Kepsek SMP N 1 Dolok Pardamean Kabupaten Simalungun (kiri), Tokoh Masyarakat Sumut Parlindungan Purba (tengah), dan Siswa/i SMP N 1 Dolok Pardamean yang memegang Piala (kanan)/dok

Salingnews.com – SIANTAR | Dari puluhan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se Siantar-Simalungun yang mengikuti event SMK Bintang Timur Cup 2023 yang digelar, ada beberapa SMP dari Kabupaten Simalungun yang memenangkan dari tiap kategori yang dipertandingkan.

Terkhusus untuk kategori Tari Tradisional yang dimenangkan oleh SMP N 1 Dolok Pardamean, menjadi kebanggaan tersendiri oleh Rinsad Simanjuntak S.Pd, M.Si yang juga sebagai Kepala Sekolah (Kepsek) mendampingi Siswa/i nya ikut bertanding.

Kepada media, Kepsek SMP N 1 Dolok Pardamean mengungkapkan rasa syukurnya atas perolehan prestasi yang didapatkan muridnya pada event yang digelar sejak awal Maret lalu hingga berakhir pada 11 Maret.

Dirinya turut mengapresiasi event yang digelar oleh SMK Bintang Timur Siantar. Dimana event tersebut mencari bakat serta potensi kreatifitas Siswa/i.

“Sangat bersyukur ada event seperti ini
sehingga apa yang kita gali dan bina selama beberapa bulan ini dari potensi bakat dan minat Generasi Anak Simalungun calon Pemimpin Bangsa khususnya di SMPN 1 Dolok Pardamean Kabupaten Simalungun terlihat dan ternyata lebih unggul serta mampu bersaing dengan siswa/i yang ada di daerah lain,” ungkapnya lewat pesan singkat WhatsApp, Minggu (12/3) Siang.

Untuk memenangkan kategori Tari Tradisional ini, Rinsad Simanjuntak S.Pd, M.Si mengungkapkan telah mempersiapkan anak didiknya berlatih selama 2 pekan.

“Latihan khusus untuk lomba ini dilakukan selama 2 minggu. Dann bakat ini muncul setelah saya lakukan Tor-tor Massal Marharoan Bolon saat memperingati Hari Guru Tahun 2022 yang lalu,” tambahnya.

Dilanjut Rinsad Simanjuntak, untuk latihan yang dilakukan bekerjasama dengan Pj Pangulu (Kepala Desa) Tiga Ras dan Arnol Sitio. Tari tradisional yang ditampilkan yaitu tari khas Simalungun atau biasa disebut Tor-tor Haroan Bolon.

Diketahui, SMP N 1 Dolok Pardamean Juara Pertama memenangkan pertandingan dengan kategori lomba Tari Tradisional yang digelar SMK Bintang Timur Siantar, di Jalan Sipahutar (Melanthon Siregar), Kota Pematang Siantar.

Penulis : Dedi Damanik
Editor : Dedi Damanik

Mungkin Anda Menyukai