Siswa RA Alwasliyah Siantar Outing Class ke Kebun Jeruk

Salingnews.com – SIANTAR | Siswa/i RA Alwasliyah Kota Pematang Siantar juga didampingin kepala sekolah serta wali kelas lakukan outing class ke kebun jeruk di Desa Tigarunggu, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Selasa (31/1) pagi.

Ket. Foto : Murid-murid RA Alwashliyah Kota Pematang Siantar dari Kelas Usman didampingi wali kelas Ibu Tia dan Ibu Fida, foto bersama usai memetik jeruk/dok

Sekolah RA Alwasliyah yang beralamat di Jalan Radjamin Purba Nomor 111 itu, dijadwalkan berangkat pagi sekira Pukul 09.00 WIB.

Sesampainya di lokasi, para Siswa/i terlihat begitu antusias saat melihat hamparan kebun jeruk yang saat itu lagi berbuah.

Penuh kegirangan di wajah Siswa/i yang kemudian wali murid mengarahkan Siswa/i untuk diedukasi tentang tanaman.

Siswa/i tersebut diberikan kesempatan untuk mengenal secara detail dimulai dari mengenal daun, batang, hingga buah.

Usai diberikan edukasi, kemudian para Siswa/i diperkenankan untuk memetik jeruk dari lokasi.

Kepala Sekolah (Kepsek) RA Alwasliyah Sri Ningsih, saat turut menemani Siswa/i mengatakan bahwa subtansi kegiatan ini merupakan kegiatan belajar mengajar yang diadakan di luar kelas (outing class) pada umumnya.

Outing Class ini merupakan media yang paling efektif dan efisien dalam menyampaikan pembelajaran yang bukan didasarkan dari teori saja tapi juga pembuktian di lapangan secara langsung.

“Dengan demikian murid-murid dapat memahami materi dengan lebih mudah dengan melalui pendekatan di alam dan melihat realita sesungguhnya. Hal-hal tersebutlah yang merupakan tujuan diadakannya kegiatan outing class ini,” sebut Ning, sapaan akrabnya.

Ning menambahkan, kegiatan outing class ini sesuai dengan tema pembelajaran tentang tanaman dengan sub tema buah-buahan dan buah jeruk sebagai tema spesifik. Tidak hanya pembelajaran bertema tumbuhan yang dilakukan secara outing class.

“Untuk tema hewan juga akan diadakan outing class. Sesuai agenda pendidikan RA Alwashliyah maka pada bulan Maret nanti, murid-murid akan melakukan kunjungan ke peternakan kambing,” tambahnya lagi.

Ning berharap melalui kegiatan outing class, tujuan utama dari pembelajaran secara holistik sesuai dengan kurikulum 2013 bisa tercapai dengan baik.

Semoga anak-anak yang mendapat ilmu secara langsung, bisa gembira dan happy.

“Ke depannya, saya harap kegiatan outing class berlangsung lebih baik, agar anak-anak bisa lebih bahagia dalam melakukan proses belajar,” pungkas Ning.

Tambahan informasi, RA Alwashliyah telah membuka pendaftaran penerimaan murid baru. Bagi orangtua yang ingin mendaftarkan anaknya, cukup membawa fotokopi Kartu Keluarga (KK) dan fotokopi Akta Lahir.

Penulis : Dedi Damanik/Rel
Editor : Dedi Damanik

Mungkin Anda Menyukai