Wagubsu Ijek serta Tokoh Masyarakat Parlindungan Purba Hadiri Peresmian Sarana di Rutan Medan

Wagubsu Musa Rajekshah hadiri peresmian sarana di rutan kelas I Medan, Senin (13/2)/dok

Salingnews.com – MEDAN | Wagubsu Musa Rajekshah yang akrab dipanggil ‘Bang Ijek’ ini hadiri peresmian sarana bimbingan kegiatan dan pelatihan kerja bagi warga binaan rutan kelas I Medan, Senin (13/2).

Peresmian tersebut langsung diresmikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumut Imam Suyudi.

Wagubsu Musa Rajekshah mengapresiasi seluruh jajaran pejabat rutan yang berhasil melakukan inovasi program.

Program yang diciptakan disebut Musa sangat bermanfaat bagi warga binaan nantinya. Musa menilai dengan adanya bimbingan dan pelatihan kerja merupakan salah satu aspek yang dibutuhkan warga binaan usai kembali ke tengah-tengah masyarakat umum.

“Saya sering melihat bahwa kembali ke masyarakat selepas menjalani pidana bukanlah hal yang mudah, terkadang mereka dikucilkan, terkadang mereka belum memiliki keterampilan untuk bekerja sehingga yang ada justru kembali melakukan tindak pidana. Ada peluang untuk meminimalisir hal tersebut yang saya lihat dari program baru hari ini. Oleh sebab itu, saya sangat mengapresiasi dan berterima kasih,” ucap Wagubsu.

Didampingi oleh Kakanwil Kemenkumham Sumut, Wagubsu juga meresmikan cafe narkoboy rutan kelas I dan galeri karya warga binaan secara simbolis memotong pita.

Selain itu, Wagubsu juga menyerahkan izin lembaga pelatihan kerja pada bimbingan dan pelatihan kerja rutan kelas I Medan. Sehingga ke depan warga binaan yang mengikuti pelatihan keterampilan akan mendapatkan sertifikat sebagai modal usai menjalani pidana dan kembali ke tengah masyarakat.

Kakanwil Sumut berharap program ini berdampak besar bagi warga binaan serta dapat ditiru oleh lembaga pemasyarakatan (lapas) lainnya di Sumut.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir pimpinan tinggi pratama di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumut, para kepala unit pelaksana teknis pemasyarakatan Medan sekitar, darma wanita persatuan Rutan kelas I Medan, Ketua DPRD tanjung Balai Tengku Eswin.

Kemudian, Kepala Disnaker Deli Serdang Binsar Sitanggang, perwakilan DPRD Kota Medan, perwakilan Bupati Deliserdang, Kejari Medan, Kejatisu, Yayasan Anugerah Insan Residivis, juga turut hadir aktivis dan tokoh Sumut Parlindungan Purba. (Tim/Red)

Mungkin Anda Menyukai