Balon Bupati Simalungun Yan Santoso Purba Resmi Mendaftar ke PDI Perjuangan

SALINGNEWS. COM | SIMALUNGUN – Senin, 15 April 2024

DPC PDI Perjuangan terima kunjungan Yan Santoso Purba SH MM di kantor sekretariat Raya, Kabupaten Simalungun.

Sejak dibuka pendaftaran kepada kandidat Bakal Calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati oleh DPC PDI Perjuangan Kabupaten Simalungun 5 April lalu, Yan Santoso Purba pun resmi mendaftarkan dirinya.

Berkas pendaftaran langsung diterima Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Simalungun Samrin Girsang didampingi pengurus lainnya.

Usai mengantarkan berkas pendaftaran, Yan Santoso menyempatkan untuk berdiskusi tentang keadaan Kabupaten Simalungun saat ini.

Samrin Girsang saat diwawancarai mengatakan bahwa penjaringan kandidat Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Simalungun dibuka sampai minggu ke dua di Bulan Mei 2024.

“Yang mendaftar saat ini masih Yan Santoso Purba,” ucapnya.

Di tempat yang berbeda, Yan Santoso saat dimintai pendapatnya mengapa berkeinginan maju pada kontestasi Pilkada Kabupaten Simalungun, ia mengatakan keterpanggilan dirinya untuk memperbaiki Kabupaten Simalungun.

“Banyak yang harus diperbaiki, saya terpanggil untuk itu,” ujarnya.

Informasi tambahan, besok (16/4) direncanakan akan mendaftar ke Partai Demokrat Kabupaten Simalungun.

Riwayat Singkat Yan Santoso Purba SH MM
Yan Santoso memiliki istri bernama Artha Berliana Samosir yang saat ini juga salah satu anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara dari PDI Perjuangan.

Yan Santoso meniti karir sebagai PNS di Kementerian Keuangan dan Perpajakan. Ia pernah menjabat sebagai Kepala Seksi Penerimaan dan Keberatan KPP Medan Kota, Kepala Seksi PPh OP KPP Jakarta Kebayoran Satu.

Selain pernah menduduki jabatan strategis, Yan juga mendulang banyak prestasi seperti menerima Piagam Satyalancana Karya Satya XXX Tahun 2016 oleh Presiden Republik Indonesia, Piagam Satyalancana Karya Satya XX Tahun 2006 oleh Presiden Republik Indonesia, Piagam Penghargaan Kinerja Penyuluhan Tertinggi Tahun 2019 Direktorat Jenderal Pajak, Piagam Penghargaan Penerimaan Pajak KPP Pratama Binjai Tahun 2019 di atas seratus persen (100%) oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia.

Yan juga pernah jadi pelayan di gereja sebagai penatua di GKPS. Dia juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Purba Pakpak Boru Pakon Panogolan (P3BP) seluruh Indonesia. Yan juga tercatat Penasihat Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) Sumatera Utara.

Penulis : Dedi Damanik
Editor : Dedi Damanik

Mungkin Anda Menyukai