Ketua Komnas PPA Beri Piagam Penghargaan kepada Kapolres Simalungun

Ket. Foto : Ketua Umum Komnas PPA Arist Merdeka Sirait (tengah) berikan Piagam Penghargaan kepada Kapolres Simalungun AKBP Ronald FC Sipayung (kiri) dan didampingin Wakapolres Simalungun Kompol Efianto (kanan)/dok

Salingnews.com – SIMALUNGUN | Kapolres Simalungun AKBP Ronald FC Sipayung SH, S.I.K, MH, menerima kunjungan kerja Ketua Umum Komisi Nasional Perlindungan Anak Indonesia Arist Merdeka Sirait bersama rombongan di Mako Polres Simalungun.

Kunjungan kerja tersebut dalam rangka pemberian piagam penghargaan dari Komnas Perlindungan Anak Indonesia kepada hajaran Polres Simalungun atas keberhasilan dalam pengungkapan kasus kejahatan seksual terhadap anak di wilayah hukum Polres Simalungun.

Piagam penghargaan diserahkan secara langsung oleh Arist Merdeka Sirait di Aula Andar Siahaan Jl. Jon Horailam Saragih, Pematang Raya, Kabupaten Simalungun, Selasa (06/6) sekira Pukul 09.00 WIB.

Kapolres Simalungun dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas apresiasi dan penghargaan yang telah diberikan oleh Komnas Perlindungan Anak Indonesia kepada jajarannya.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Ketua Umum Komisi Nasional Perlindungan Anak Indonesia atas penghargaan yang diberikan, tentu ini menjadi dorongan untuk dapat lebih semangat, semakin termotivasi, untuk selalu bekerja keras, untuk menindaklanjuti kasus-kasus yang dilaporkan oleh masyarakat, karena anak merupakan generasi penerus bangsa dan perempuan kaum rentan yang harus mendapatkan prioritas dalam penanganan kasus,” ucap Kapolres.

Kapolres menjelaskan bahwa kasus perempuan dan nak menjadi salah satu kasus prioritas.

“Salah satu penekanan Bapak Kapolri Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo MSi, kepada kami salah satunya adalah untuk memberikan perlindungan pelayanan terhadap anak dan perempuan yang mengalami atau menjadi korban kejahatan. Dan kami dari Polres Simalungun tentu untuk ini menjalankan perintah prioritas dari Pak Kapolri ini dengan menangani kasus-kasus yang korbannya anak dan perempuan serta lansia,” ucapnya.

“Untuk melaksanakan perintah prioritas dari Pak Kapolri dalam penanganan kejahatan terhadap perempuan dan anak kami dari Jajaran Polres Simalungun sudah melakukan beberapa upaya bersama Dinas Perlindungan Perempuan dan Anak sudah melakukan upaya bagai mana memberikan edukasi kepada orang tua, dengan melibatkan semua pihak, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, untuk menyampaikan bagai mana anak-anak ini harus sama-sama kita jaga, jangan sampai dia menjadi korban atau mengetahui kejahatan-kejahatan itu dikarenakan pengaruh-pengaruh lingkungan,” tambahnya lagi.

Kita disini, kata Kapolres, punya pemuka Agama sebagai mitra kamtibmas yang berkepentingan dan berkewajiban untuk menyampaikan himbauan-himbauan kepada masyarakat, baik pada saat gereja, pada saat ibadah di masjid, termasuk kegiatan-kegiatan yang dilakukan adalah kunjungan-kunjungan ke sekolah.

“Bagaimana seorang anak yang harus kita yakinkan tidak terpengaruh oleh lingkungan, untuk menjadi korban maupun sebagai pelaku, tentu ini merupakan tugas bersama kita,” ujar Kapolres.

Dengan adanya kunjungan dan pemberian piagam Penghargaan apresiasi dari Komisi Nasional Perlindungan Anak, Polres Simalungun bersama instansi terkait akan bekerja keras untuk bisa menyelamatkan anak-anak agar tidak menjadi korban dan juga tidak terlibat dalam lingkaran kejahatan.

Kapolres Simalungun mengimbau masyarakat untuk bekerjasama dalam penanganan kejahatan terhadap anak dan perempuan di wilayah Kabupaten Simalungun.

“Bahwa undang-undang kejahatan terhadap perempuan dan anak merupakan undang-undang spesialis dengan memberikan ancaman hukuman yang lebih berat kepada pelaku-pelaku kejahatan tersebut. Untuk itu kami sampaikan kepada masyarakat untuk tidak dan jangan melakukan tindakan kejahatan terhadap perempuan dan anak,” tegasnya.

Kapolres juga berharap dukungan dari orang tua, guru, keluarga untuk bersama-sama menjaga, melindungi anak-anak untuk tidak menjadi korban kejahatan, ini adalah tugas bersama

Tampak hadir Wakapolres Simalungun Kompol Efianto SH MH, Kabag Ren Polres Simalungun Kompol Lamhot Siregar SH, Kadis PPA Pemkab Simalungun Sri Wahyuni, Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak Wilayah Kabupaten Simalungun Mansur Panggabean, Kasi Propam Polres Simalungun IPTU Sonni Silalahi SH, KBO Reskrim Polres Simalungun IPTU L Sirait, dan Kanit Tipidter Sat Reskrim Polres Simalungun IPDA Ivan Purba SH.

Penulis : Joe/Hmspolsim
Editor : Dedi Damanik

Mungkin Anda Menyukai